Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Dudie B Sidau menilai, agenda olahraga atau kejuaraan yang digelar di kota setempat menjadi sarana strategis meningkatkan perekonomian daerah, tidak terkecuali pelaku UMKM.

Oleh sebab itu, ia mendorong pemerintah setempat untuk memperbanyak event olahraga. “Agenda olahraga juga berdampak pada peningkatan perekonomian daerah, seperti pelaku UMKM. Tentu juga sebagai bagian pembinaan atlet,” katanya, kemarin. 

Dia menuturkan, pada Juni ini, tercatat ada dua agenda olahraga bertaraf nasional dilaksanakan di Kota Palangka Raya, yakni Kejurnas Oneprix 2023 di Sirkuit Sabaru dan Kejurnas Gubernur Cup Kalteng Voli.

“Agenda olahraga bisa menjadi salah satu strategi pemerintah dalam memulihkan perekonomian rakyat pasca pandemi,” ungkapnya.

Selain berdampak terhadap peningkatan ekonomi khususnya sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), agenda olahraga juga berdampak pada sektor kunjungan wisatawan yang diyakini turut berkontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Apalagi tak lama lagi akan bergulir Liga 2 Indonesia dan PS Kalteng Putra yang berkandang di Kota Palangka Raya akan banyak memberi dampak terhadap UMKM seperti penjualan kaos tim dan souvenir lainnya,” ucapnya. 

Dudie berharap pemerintah bisa terus meningkatkan kualitas atau fasilitas olahraga yang dimiliki, agar semakin memudahkan dalam kegiatan pembinaan para atlet.

Pewarta : Adi Wibowo
Uploader : Admin Kalteng
Copyright © ANTARA 2024