Muara Teweh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, siap memberikan dukungan dan memfasilitasi sarana dan prasarana diantaranya server  (aplikasi dan database) pada gedung Unit Kerja Kantor (UKK) Imigrasi kabupaten setempat di Muara Teweh.  

"Selain server, juga perangkat jaringan (router, hub dll) dan perangkat lainnya yang terkait dengan operasional sistem seperti mesin cetak paspor dan dukungan bandwith internet, yang semuanya disalurkan dari ruang Network Operation Center Diskominfosandi Barito Utara," kata Kepala Bidang E-Government pada Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Barito Utara Munawar Khalil di Muara Teweh, Rabu.

Gedung UKK Imigrasi Barito Utara ini sebelumnya merupakan gedung SMAN 4 Muara Teweh yang kini telah pindah ke gedung baru di Jalan Ronggolawe Muara Teweh.

Penjabat Bupati Barito Utara Muhlis mengatakan dengan adanya UKK Imigrasi di Barito Utara ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan dalam bidang keimigrasian untuk masyarakat dari Kota Muara Teweh maupun dari berbagai daerah di Indonesia. 

"Perangkat daerah  seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas Kominfosandi dan lainnya akan bekerja sama untuk memfasilitasi baik sarana prasarana maupun sistem yang dibutuhkan," kata Muhlis.
 
Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Barito Utara Eveready Noor mengatakan bahwa kantor unit Imigrasi ini akan melayani pembuatan paspor baik untuk Warga Negara Indonesia (WNI) maupun Warga Negara Asing (WNA). 

Kantor ini akan menjadi pelayanan publik yang sangat membantu mempermudah masyarakat di Barito Utara dan sekitarnya yang selama ini apabila ingin membuat paspor dan pelayanan Keimigrasian lainnya harus memakan waktu yang panjang untuk melakukan perjalanan darat ke Kota Palangka Raya atau kota lainnya.

"Kantor Imigrasi ini masih dalam tahap persiapan beroperasi, kita harapkan tahun ini juga mulai membuka layanan," kata kata Eveready Noor.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi UKM Barito Utara, M Mastur mengatakan bahwa saat ini untuk pelayanan pembuatan Eazy Paspor baru dan perpanjangan 2024 dilaksanakan di Dinas Nakertranskop UKM Barito Utara.
 
Dikatakannya, dalam pelayanan ini pihaknya bekerja sama dengan kantor Imigrasi Kelas I Palangka Raya dengan membuka layanan pembuatan eazy paspor baru maupun perpanjangan.

“Untuk itu kami beritahukan kepada seluruh masyarakat di Barito utara yang memiliki keinginan untuk membuat paspor, Insyaallah tim dari Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Palangka Raya akan datang untuk proses Eazy Paspor pada pekan keempat April 2024,” kata Mastur.

Pewarta : Kasriadi
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024