Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng) terus memperluas jaringan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) sebagai upaya meningkatkan literasi digital.

"Total saat ini sudah ada 25 KIM yang ada di Palangka Raya, termasuk KIM yang baru kita bentuk di wilayah Kecamatan Rakumpit," kata Kepala Diskominfo Palangka Raya, Saipullah di Palangka Raya, Senin.

Dia menerangkan, pembentukan KIM di Kecamatan Rakumpit itu merupakan hasil sosialisasi KIM yang dilaksanakan Diskominfo Palangka Raya bekerja sama dengan Diskominfo Provinsi Kalimantan Tengah.

"KIM yang berada di Kecamatan Rakumpit ini dinamakan KIM Bawi Kuwu yang terbentuk atas hasil rembuk masyarakat setempat saat sosialisasi dilaksanakan," katanya.

Dia menambahkan, dengan terbentuknya KIM di Kecamatan Rakumpit ini, mitra kerja Pemko Palangka Raya dalam memberdayakan masyarakat untuk menyebarluaskan literasi digital dan penyebaran informasi yang positif akan bertambah.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya-BNNK perkuat peran sekolah terapkan P4GN

Saipullah menambahkan, ke-25 KIM yang telah dibentuk juga akan terus dilakukan pembinaan melalui berbagai pelatihan dan pendampingan sehingga tujuan pembentukan kelompok ini tercapai.

“Secara berkala, seluruh KIM yang ada di Kota Palangka Raya kita bina dengan berbagai pelatihan dan sosialisasi untuk meningkatkan pemahaman digital yang baik demi kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Keberadaan KIM diharapkan mampu memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya mengelola dan menyebarkan informasi yang relevan dan akurat.

“Sehingga masyarakat lebih kritis dalam menyikapi informasi. Selain itu juga mampu menjadi agen perubahan yang aktif dalam menyebarkan informasi yang bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat,” kata Saipullah.

Baca juga: Golkar Kalteng survei bacalon Pilkada 2024

Baca juga: Peringati May Day, PLN beri bantuan ratusan pekerja pasar dan pelabuhan

Baca juga: KPU Kalteng: Paslon perseorangan wajib memiliki minimal 193.512 dukungan

Pewarta : Rendhik Andika
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024