Kuala Kapuas (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah, Erlin Hardi, meresmikan Jembatan Pasar Senin di Anjir Serapat Tengah, Kilometer 11, Kecamatan Kapuas Timur, Senin.

“Infrastruktur adalah salah satu hal yang terus menjadi perhatian saya dan Pemkab Kapuas. Maka itu, hari ini kita bersama meresmikan Jembatan Pasar Senin, Anjir Serapat Tengah, Kilometer 11 ini,” kata Pj Bupati Erlin Hardi, dalam sambutannya.

Peresmian ini ditandai dengan pemotongan pita yang menandakan jembatan tersebut resmi difungsikan, serta diharap membawa kebahagiaan bagi masyarakat yang telah lama menantikan kehadirannya.

Ia menekankan pentingnya infrastruktur yang baik dan nyaman untuk masyarakat, menunjukkan komitmen Pemkab Kapuas dalam memperjuangkan infrastruktur yang memadai bagi seluruh masyarakat.

Selama ini, kata dia, masyarakat harus melewati jembatan lama yang kondisinya sudah kurang layak untuk mencapai wilayah seberang. Kehadiran jembatan baru ini tentunya sangat dinanti-nantikan untuk meningkatkan aksesibilitas dan kenyamanan.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR-PKP Kapuas, Yan Hendri Ale mengatakan pembangunan jembatan berkonstruksi baja ini dilaksanakan dalam tiga tahap, yakni pada tahap pertama dimulai pada tahun anggaran 2019 dengan pekerjaan adalah pengadaan dan pemancangan tiang pancang.

Baca juga: Pemkab Kapuas terus tingkatkan pencegahan stunting

Dilanjutkan tahap kedua pada tahun anggaran 2021 lanjutan pekerjaan pengadaan dan pemancangan tiang pancang serta pekerjaan bangunan bawah, dan tahap ketiga pada tahun anggaran 2023 pekerjaan bangunan atas yaitu rangka baja, lantai jembatan dan timbunan oprit jembatan.

Jembatan ini memiliki panjang 47 meter dengan lebar 5 meter yang merupakan jembatan dengan konstruksi rangka baja dengan lantai jembatan slab beton bertulang dengan kelas jembatan C. 

"Konstruksi ini merupakan tipe standar yang dikembangkan dengan tujuan mempunyai umur pemakaian yang lebih lama dibandingkan tipe jembatan baja girder, dengan total anggaran untuk tiga tahap pelaksanaan sebesar Rp9,4 miliar dengan sumber anggaran berasal dari APBD Kabupaten Kapuas," demikian Yan Hendri Ale.

Baca juga: Langkah Pemkab Kapuas realisasikan pembangunan Jembatan Anjir diapresiasi

Baca juga: LPTQ Kapuas siapkan para calon dewan hakim

Baca juga: Siap dampingi Wiyatno, Evan Rahman resmi daftar Pilkada Kapuas


Pewarta : All Ikhwan
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024