Muara Teweh (ANTARA) - Ketua DPRD Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, Hj Mery Rukaini mengapresiasi peluncuran aplikasi Sistem Inovasi Barito Utara Dalam Genggaman atau Si-Baga yang dilakukan pemerintah daerah setempat.

"Inovasi dan digitalisasi merupakan salah satu kunci utama dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan publik," kata Mery Rukaini di Muara Teweh, Senin. 

Menurut dia, peluncuran aplikasi Si-Baga ini merupakan bukti nyata dari komitmen Pemkab Barito Utara untuk terus berinovasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, serta sejalan dengan kebijakan nasional dalam menerapkan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE).

Aplikasi Si-Baga ini, katanya, dirancang untuk mempermudah masyarakat di daerah ini untuk memenuhi kewajiban dalam pembayaran pajak bumi dan bangunan pedesaan dan perkotaan (PBB-P2), dengan lebih mudah, cepat, dan transparan.

"Penandatanganan kerja sama dengan perbankan itu untuk mempermudah dalam proses masyarakat atau wajib pajak untuk membayar PBB-2P secara online melalui kanal pembayaran pajak PBB-2P secara daring,” kata dia.

Aplikasi Si-Baga tersebut juga diharapkan nantinya akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Barito Utara serta meningkatkan kinerja BPPD Barito Utara.

Pewarta : Kasriadi
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024