Muara Teweh (ANTARA) - Penjabat Bupati Barito Utara, Kalimantan Tengah, Muhlis mengapresiasi PT PLN memasang infrastruktur untuk Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk mobil listrik dan sepeda motor listrik di Muara Teweh.

"Pemkab daerah mendukung upaya dari pemerintah pusat dalam mendorong penggunaan mobil listrik dalam melestarikan lingkungan dari bahaya polusi udara di daerah ini," kata Muhlis menerima Manajer Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Kuala Kapuas Eka Wijayanto di Muara Teweh, Jumat.

Menurut dia, Pemkab Barito Utara siap mendukung PLN akan memasang tempat pengisian isi ulang kendaraan listrik untuk bisa charge di daerah ini dapat memacu masyarakat untuk membeli kendaraan, mobil listrik untuk solusi menjaga kelestarian lingkungan di masa akan datang,"

"Walaupun tidak mudah untuk beralih dari kebiasaan menggunakan kendaraan konvensional menjadi kendaraan listrik," katanya.

Muhlis menyampaikan sangat mendukung kegiatan PLN untuk berkolaborasi bersama dalam menyukseskan kehadiran listrik 24 jam nonstop menyala di setiap kecamatan maupun desa di Barito Utara.

"Hal ini untuk memastikan akses terhadap jaringan listrik yang ada di Barito Utara, apalagi listrik adalah kebutuhan dasar yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” kata Muhlis.

Manajer UP3 Kuala Kapuas Eka Wijayanto mengatakan pihaknya tahun ini memasang SPKLU untuk program mobl listrik di Barito Utara yang sesuai dengan amanah Presiden Joko Widodo. 

"Saat ini kendaraan dinas di Barito Utara ada yang menggunakan mobil listrik, tentunya bisa menjadi contoh untuk kabupaten lainya yang ada di wilayah Kalteng," kata dia

Dia mengatakan, pihaknya akan menyiapkan infrastruktur untuk bisa charge mobil listrik dengan mudah tanpa perlu khawatir kehabisan daya saat sedang berpergian atau dalam perjalanan dinas.

Untuk pengisian kendaraan listrik, kata dia,  di wilayah Kabupaten Barito Utara rencananya akan dipasang di halaman kantor Bupati Barito Utara.

"Pemasangan SPKLU ini akan dilakukan tahun ini juga," katanya.

Pada pertemuan itu ada lima program yang segera direalisasikan PLN antara lain percepatan pembangunan tower PLN di Tumpung Laung, Kecamatan Montallat, perkuatan sistem kelistrikan di daerah ini, pembangunan SPKLU, listrik desa dan perjanjian kerja sama pajak penerangan jalan (PPJ) tagihan kelistrikan.

"Kunjungan ini juga sekaligus untuk meningkatkan kualitas keandalan listrik di wilayah Kabupaten Barito Utara agar bisa terkoneksi ke semua kecamatan dan desa di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan," ucap Eka Wijayanto.

Pewarta : Kasriadi
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024