Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo merespons pertanyaan wartawan mengenai restu yang diberikan bagi putra bungsunya Kaesang Pangarep, yang disebut-sebut berpotensi maju dalam Pilkada 2024.

Presiden menekankan tugasnya sebagai orang tua hanya mendoakan.

"Tugasnya orang tua itu hanya mendoakan," kata Jokowi singkat usai melepas bantuan kemanusiaan Indonesia untuk Papua Nugini dan Afganistan di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo sudah pernah menekankan tidak ikut campur dengan langkah politik Kaesang Pangarep yang merupakan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu.

Saat kunjungan kerja ke Karawang beberapa hari lalu, Jokowi membantah isu yang menyebut dirinya menawarkan nama Kaesang ke sejumlah partai politik untuk diusung dalam Pilkada.

"Saya tidak pernah menyodorkan (nama) kepada siapapun. Kepada partai juga tidak pernah, (coba) tanyakan ke partai-partai," ujar Jokowi usai peresmian pabrik baterai dan ekosistem kendaraan listrik PT HLI Green Power di Karawang, Jawa Barat, Rabu (3/7) lalu.

Dia menegaskan bahwa pilkada merupakan urusan partai-partai politik, sehingga soal siapa saja yang dicalonkan dalam pilkada November mendatang juga adalah hak para partai politik.

"Saya bukan ketua partai, saya bukan pemilik partai, jadi jangan ditanyakan kepada saya," kata Jokowi menegaskan.

Pewarta : Rangga Pandu Asmara Jingga
Uploader : Ronny
Copyright © ANTARA 2024