Aceh (ANTARA) - Tim kesehatan (Timkes) Kontingen Pekan Olahraga Nasional (PON) Kalimantan Tengah (Kalteng) yang berada di Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh menyatakan para atlet dalam kondisi sehat atau stabil setelah mengikuti pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan.

Ketua Timkes dr. Riza saat melakukan pemeriksaan di hotel atlet yang berada Aceh Besar, Sabtu, mengatakan kondisi kontingen atau atlet PON Kalteng yang ada di Aceh sehat dan tidak ada yang mengalami gangguan kesehatan.

"Pemeriksaan yang kami lakukan ini untuk memastikan kondisi atlet baik, karena kesehatan ini penting dan tujuannya agar atlet dapat tampil prima pada saat pertandingan," kata Riza.

Baca juga: Distribusi listrik untuk pertandingan venue PON XXI Aceh-Sumut dipastikan aman

Dia menuturkan, secara keseluruhan kondisi atlet sehat dan aman, meskipun ada beberapa atlet mengalami flu karena perubahan cuaca. Hanya saja secara pemeriksaan dalam para atlet kita aman dan tidak mengalami sakit yang berat.

"Beberapa atlet yang flu sudah kita berikan obat, sehingga flu yang mereka derita bisa reda secepatnya. Flu diduga karena ada perubahan cuaca dari Kalteng ke Aceh cukup beda," ujarnya.

Ditambahkan Riza, dengan adanya keluhan tersebut, selain memberi obat pereda flu juga suplemen vitamin dengan takaran aman, agar tidak menjadi doping bagi para atlet saat hendak tanding.

"Kami menyarankan kepada mereka sementara ini jangan minum es dan gorengan, karena itu cukup mempengaruhi kesehatan para atlet. Kemudian yang terpenting perbanyak istirahat dan tidur yang cukup agar kondisi tubuh tetap stabil," ungkapnya.

Pembukaan PON XXI/2024 Aceh-Sumut dilaksanakan Senin (9/9) di Stadion Harapan Bangsa (SHB) di Kabupaten Aceh Besar.

Baca juga: Berlaga di PON Aceh-Sumut, atlet Kalteng mendapat perlindungan BPJS Ketenagakerjaan

Baca juga: Kontingen PON Kalteng disambut tarian khas Sumatera Utara

Baca juga: Outlet resmi PON 2024 buka di kompleks Stadion Harapan Bangsa

Pewarta : Adi Wibowo
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024