Muara Teweh (ANTARA) - KH Rusmadi Darsani, Lc kembali terpilih sebagai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah masa Khidmat 2024-2029 secara aklamasi pada Musda VI setempat.

“Saya berharap kita bisa bersama menjalankan amanah ini dan  terlebih penting adalah menjaga umat serta bisa bersinergi mendukung dan menyukseskan program keagamaan dan pembangunan di Kabupaten Barito Utara,” kata Rusmadi Darsani di Muara Teweh, Selasa. 

Rusmadi yang merupakan pimpinan pondok pesantren Yasin Muara Teweh ini menyatakan amanah ini merupakan hal yang harus dijalankan di tengah keterbatasan dan kesibukan namun dengan dukungan semua pihak.

Pemilihan secara aklamasi diputuskan pada rapat Tim Formatur Musda VI MUI Barito Utara yang terdiri 11 orang  meliputi perwakilan dari MUI Kabupaten Barito Utara, MUI Demisioner, MUI Kecamatan, perwakilan Pondok Pesantren dan tokoh masyarakat dan satu orang perwakilan MUI Provinsi Kalteng.

Pertimbangan rapat tim formatur memilih KH Rusmadi Darsani adalah menilai bidang keilmuan, pendidikan, sosial kemasyarakatan dan bisa menjadi perekat persatuan dan kesatuan  antar ulama dengan umaro serta bisa mempererat toleransi antar umat beragama di Kabupaten Barito Utara.

Keputusan ini tertuang dalam Keputusan Nomor : 8/MUSDA VI/MUI-BARUT/X/2024 tentang Hasil Keputusan Tim Formatur Pada Musda VI MUI Kabupaten Barito Utara Tahun 2024 Tanggal 6 Oktober 2024 Masehi bertepatan dengan 4 Rabiul Akhir 1446 H. 

Keputusan tersebut menetapkan pertama personalia Dewan Pertimbangan dan Dewan Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Barito Utara masa Khidmat 2024-2029. 

Kedua Musda IV MUI Kabupaten Barito Utara tahun 2024 mengamanatkan Kepada Pengurus MUI masa Khidmat 2024-2029 untuk melengkapi komisi-komisi sesuai kebutuhan yang diperlukan dan melaksanakan/menyosialisasikan keputusan ini dengan melakukan pendekatan, kerja sama dan koordinasi dengan pihak yang berkompeten.

Untuk susunan personalia pengurus Majelis Ulama Indonesia ( MUI ) Kabupaten Barito Utara masa khidmat 2024-2029 Dewan Pertimbangan Ketua H Hamzah, Wakil Ketua Drs H Khaerudin dan H Robansyah. Sekretaris Umum Mardjulin, Sekretaris H Hadriansyah, H Riduansyah, Fathurrahman, Muhammad Zakaria, Ahmad Rifaie, dan Soni Anwari Husni, Bendahara Umum Saptadi Nuari serta Bendahara H Nirhasani.

Untuk susunan personalia komisi-komisi menyusul setelah terbit SK dari Dewan Pimpinan MUI Provinsi Kalteng yang akan dilengkapi oleh Dewan Pertimbangan dan Pengurus MUI Kabupaten Barito Utara.

Pewarta : Kasriadi
Uploader : Admin 1
Copyright © ANTARA 2024