Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Rambut lebat dan indah bisa didapat melalui asupan makanan. Tak perlu banyak perawatan mahal, rajin saja konsumsi makanan kaya nutrisi ini. 

Rambut panjang, kuat, berkilau akan makin sempurna jika kulit kepala juga sehat. Untuk mendapatkan semua ini, ada makanan yang bisa diandalkan lho. 

Setidaknya ada 7 jenis makanan yang mengandung nutrisi baik untuk kesehatan kulit kepala dan membuat rambut tumbuh lebat. 

1. Telur
Rambut Anda membutuhkan protein tinggi. Telur jadi salah satu makanan yang bisa membantu menyumbang protein dalam jumlah tinggi. Protein ini bekerja untuk menguatkan akar rambut sehingga mengurangi risiko rontok.

2. Bayam 
Zat besi pada bayam merupakan jenis mineral penting yang dibutuhkan sel-sel rambut. Kekurangan zat besi menjadi salah satu pemicu rambut rontok. Zat besi memiliki peran penting untuk membawa oksigen dan nutrisi ke kulit kepala. 

3. Jeruk
Vitamin C diperlukan untuk memproduksi kolagen yang berpengaruh pada kuatnya batang rambut. Kecukupan vitamin C juga membuat rambut lebih cepat tumbuh. Ahli gizi merekomendasikan untuk mengonsumsi sebuah jeruk nipis untuk mencukupi kebutuhan vitamin C harian.

4. Kacang dan biji-bijian
Kandungan asam lemak Omega-3 membuat rambut tumbuh dengan sehat sehingga membuatnya tampak lebih tebal. Kacang dan biji-bijian memiliki kandungan omega-3 yang cukup tinggi. Anda bisa menjadikan kacang almond dan walnut sebagai camilan.

5. Gandum utuh 
Gandum utuh kaya akan biotin, zat besi, seng, dan vitamin B. Biotin diperlukan untuk proliferasi sel dan memiliki peran penting dalam memproduksi asam amino (protein) yang diperlukan untuk menumbuhkan rambut.

6. Wortel
Kalau mau rambut tumbuh lebat dengan cepat, cobalah konsumsi jus wortel setiap hari. Wortel mengandung banyak Vitamin A yang diperlukan untuk memproduksi sel yang berpengaruh pada pertumbuhan rambut. Wortel juga memproduksi minyak sebum alami yang menjaga kulit kepala dan akar rambut.

7. Alpukat 
Vitamin E pada alpukat meningkatkan sirkulasi darah dan membantu folikel bekerja lebih efisien untuk mendorong pertumbuhan rambut. Alpukat juga menjaga keseimbangan kadar minyak dan PH yang berpengaruh pada pertumbuhan sel rambut

Pewarta : -
Uploader : Admin Kalteng
Copyright © ANTARA 2024