Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Menggaruk kulit memang bisa meredakan gatal dengan cepat dan instan. Namun jangan salah, efek ini hanya bersifat sementara. Semakin digaruk, kulit Anda justru akan semakin meradang dan iritasi.

Sebagai solusinya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kulit gatal setelah mencukur bulu kaki maupun ketiak. Di antaranya:

1. Kompres air hangat
Sebagai langkah awal, rendam handuk kecil ke dalam air hangat dan tempelkan ke area kulit yang terasa gatal setelah mencukur. Entah di bagian ketiak, kaki, atau kemaluan.

Kompres air hangat bisa membantu menenangkan kulit yang meradang sehabis cukuran. Selain dengan air hangat biasa, Anda juga bisa menambahkan sedikit garam ke dalam air hangat untuk mempercepat proses penyembuhannya.

2. Oleskan krim hidrokortison
Krim hidrokortison terbukti dapat mengurangi iritasi, peradangan, dan gatal pada kulit. Meskipun sebetulnya Anda bisa membelinya di apotek terdekat, tapi sebaiknya mintalah resep dokter jika rasa gatalnya tak tertahankan.

Perlu dicatat bahwa krim hidrokortison ini tidak boleh digunakan untuk mengatasi vagina gatal sehabis mencukur. Segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pilihan krim lainnya yang lebih aman.

3. Tempelkan kantong teh celup
Siapa bilang kalau bekas kantong teh celup tidak bisa digunakan lagi? Buktinya, benda yang satu ini bisa membantu mengatasi kulit gatal setelah mencukur, lho!

Kantong teh celup mengandung asam tanat yang berfungsi sebagai zat antiradang. Masukkan kantong teh celup ke dalam kulkas selama beberapa menit, lalu tempelkan ke area kulit yang gatal. Biarkan sampai kulit Anda terasa lebih baik dan berkurang gatalnya.

4. Pakai pelembap alami
Bukan cuma sekadar menghaluskan kulit, pelembap juga bisa membantu menenangkan kulit yang meradang, lho! Dari sekian banyak pelembap yang dijual di pasaran, pilihlah pelembap yang mengandung bahan-bahan alami seperti lidah buaya.

Menurut sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Pharmacognosy Magazine tahun 2014, lidah buaya memiliki sifat antiradang yang dapat menenangkan kulit yang iritasi. Ditambah lagi dengan sensasi dinginnya yang bikin kulit terasa lebih nyaman.

5. Pakai baju yang longgar
Memakai baju yang ketat dapat memicu gesekan pada kulit dan memperparah gatalnya. Terlebih jika Anda sedang berkeringat, bakteri akan lebih mudah masuk dan menyebabkan kulit semakin iritasi.

Maka itu, jika ketiak Anda terasa gatal dan iritasi sehabis dicukur, sebaiknya gunakan baju yang lebih longgar untuk sementara waktu. Begitu juga sehabis mencukur bulu kaki, gunakan celana yang longgar dulu sampai rasa gatalnya mereda dan sembuh.

sumber:hellosehat

Pewarta : -
Uploader : Admin Kalteng
Copyright © ANTARA 2024