Tamiang Layang (ANTARA) - Bupati Barito Timur Kalimantan Tengah Ampera AY Mebas mengajak seluruh komponen yang ada di masyarakat untuk dapat bersatu padu dalam membangun daerah tersebut. Kabupaten berjulukan "Bumi Nansarunai - Jari Janang Kalalawah" akan cepat berkembang apabila semua berperan dalam pembangunannya.

"Pada usia Kabupaten Barito Timur memasuki ke-17 tahun, semua saya minta untuk dapat menyadari kewajiban-kewajibannya dalam membangun daerah. Kalau semua bisa solid maka realisasi pembangunan tentu lebih cepat. Peranan pengusaha untuk berkomitmen dalam membangun daerah cukup penting," katanya di Tamiang Layang, Minggu.

Masalah itu juga sudah saya sampaikan beberapa waktu lalu pada kegiatan buka puasa Pemerintah Kabupaten Barito Timur dengan pengusaha dan PWI Barito Timur.

Pembangunan yang solid akan menciptakan pembangunan yang signifikan dari berbagai aspek dan menciptakan kesejahteraan serta ketentraman bagi masyarakat.

Ampera mencontohkan kegiatan tahunan yang berkaitan dengan bantuan, dana sebesar Rp1 miliar yang digelontorkan pemerintah untuk bantuan hibah hewan kurban hanya bisa memperoleh 70 ekor sapi. Namun dengan adanya bantuan dari pihak pengusaha untuk turut serta membantu pembelian hewan kurban jumlahnya jadi bertambah.

"Akhirnya sebanyak 115 ekor hewan kurban bisa dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Sebanyak 70 ekor dari pemerintah daerah dan sisanya bantuan dari para pengusaha," ungkap Ampera.

Hal itu tentu saja diharapkannya tidak hanya pada bantuan hewan kurban, namun juga bantuan pada bidang pendidikan, infrastruktur, kesehatan, dan bidang-bidang lainnya demi kemajuan daerah.

Sementara itu, Wakil Ketua I DPRD Barito Timur Ariantho S Muler menilai, pembangunan di Bartim sudah terlaksana dengan baik, dengan adanya dukungan dan kesepahaman dari semua pihak maka program-program tersebut akan berjalan dengan maksimal.

"Apapun yang ingin dicapai akan bisa diwujudkan dengan kebersamaan dan solidnya rasa cinta terhadap daerah, sehingga muncul kepedulian dalam membangun untuk kepentingan masyarakat," kata politisi PKPI itu.

Ariantho menambahkan, para anggota DPRD Barito Timur periode 2014-2019 telah memberikan sumbangsih kerja yang maksimal agar program pembangunan bisa berjalan maksimal.

"Saya optimis bahwa anggota DPRD Barito Timur yang baru akan bekerja maksimal demi terwujudnya pembangunan Barito Timur menuju Jari Janang Kalalawah," demikian Ariantho.

Baca juga: Pawai Tanglong jadi sarana mempererat silaturahmi di Bartim

Pewarta : Habibullah
Editor : Rachmat Hidayat
Copyright © ANTARA 2024