Palangka Raya (ANTARA) - Ketua DPRD Kota Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah Sigit K Yunianto berjanji akan terus mendukung program Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur di ibu kota provinsi tersebut.

"Kami DPRD akan terus mendukung program-program wali kota di bidang peningkatan infrastruktur, sehingga dalam massa jabatan tiga tahunnya beliau, masyarakat sudah bisa menikmati," kata Sigit di Palangka Raya, Senin.

Orang nomor satu di DPRD Kota Palangka Raya tersebut mengungkapkan, banjir yang terjadi di daerah setempat akibat sejumlah drainase di titik-titik yang parah dan belum bisa berfungsi dengan baik.

Saat ini sejumlah drainase tersebut dalam perbaikan atau peningkatan. Setelah pekerjaan itu rampung, diharapkan pada tahun-tahun berikutnya bencana banjir yang dialami masyarakat tidak akan terjadi lagi.

"Ya gimana tidak banjir, ketika ada hujan deras turun drainase yang sedang dalam perbaikan tidak berfungsi sesuai dengan baik. Maka dari itu beberapa wilayah permukiman warga banjir," ucapnya.

Namun dia menegaskan, persoalan tersebut sudah dipikirkan oleh pemerintah setempat. Masyarakat diminta bersabar sehingga hal serupa tidak akan terjadi lagi.

"Yang jelas, tahun depan pemkot terus fokus melakukan perbaikan infrastruktur, baik itu drainase maupun jalan yang ada di Kota Palangka Raya karena tahun 2019 sudah digencarkan," bebernya.

Baca juga: Legislator ini imbau masyarakat waspadai pencurian rumah kosong

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Provinsi Kalteng tersebut menambahkan, masyarakat diharapkan bisa memelihara dan menjaga sejumlah infrastruktur yang sudah ditingkatkan kualitasnya oleh pemerintah setempat.

Masyarakat diminta tidak membuang sampah ke drainase atau selokan permukiman. Hal tersebut menjadi sumber dari pemicu penurunan fungsi drainase, sehingga menyebabkan banjir terjadi di mana-mana.

"Saya harapkan masyarakat tidak membuang sampah di dalam drainase, karena selain menjadi sumber penyakit hal tersebut juga penyebab banjir selama ini," demikian Sigit.

Baca juga: Ini daftar pengurus KONI Kota Palangka Raya periode 2020-2024

Pewarta : Adi Wibowo
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024