Sampit (ANTARA) - Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah menyambut positif meningkatnya kesadaran masyarakat untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia demi peningkatan kesejahteraan.

"Saat musrenbang di kecamatan, usulan dari kelurahan lebih didominasi berkaitan dengan pelatihan ekonomi produktif," kata Riskon di Sampit, Kamis.

Politisi muda Partai Golkar ini menilai banyaknya usulan pelatihan keterampilan, menunjukkan keinginan masyarakat untuk menambah pengetahuan sangat besar. Masyarakat semakin menyadari bahwa pengetahuan dan keterampilan sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan.

Seperti saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang awal pekan tadi, pelatihan kegiatan terkait ekonomi produktif, cukup banyak diusulkan masyarakat melalui pemerintah kelurahan.

Riskon berharap usulan tersebut menjadi perhatian satuan organisasi perangkat daerah. DPRD akan turur memperjuangkannya usulan itu dibahas bersama di DPRD nantinya.

Peningkatan kualitas sumber daya manusia sangat erat kaitannya dengan bidang lain seperti peningkatan ekonomi kerakyatan, pengentasan kemiskinan dan pengangguran. Untuk itulah DPRD sangat mendukung program tersebut.

Baca juga: Gubernur apresiasi Kotim memulai pembangunan di awal tahun

Berbagai upaya peningkatan sumber daya manusia juga sejalan dengan program yang saat ini gencar dilaksanakan pemerintah pusat. Jika kualitas sumber daya manusia daerah ini terus meningkat maka diyakini akan berdampak positif terhadap kemajuan pembangunan daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Program pelatihan keterampilan kerja yang selama ini dijalankan pemerintah daerah melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, harus terus ditingkatkan. Banyaknya jumlah peserta dalam setiap kegiatan menunjukkan antusiasme masyarakat terhadap kegiatan itu semakin tinggi.

"Untuk perdesaan, usulan yang disampaikan lebih banyak menginginkan agar difasilitasi masalah bibit pertanian dan perikanan, serta pelatihan guna peningkatan produksi pertanian dan perikanan," tambah politisi akrab disapa Eko.

Riskon menilai potensi ekonomi Kotawaringin Timur masih cukup besar, khususnya di bidang pertanian, peternakan, perikanan dan ekonomi kerakyatan. Sudah seharusnya pemerintah daerah meningkatkan pembinaan dan bantuan agar masyarakat bisa maju dan mandiri sehingga kesejahteraannya semakin meningkat.

Baca juga: Legislator Kotim minta alat berat dikerahkan untuk pencegahan banjir

Baca juga: Pemkab Kotim kembali terima penghargaan Peduli HAM


Pewarta : Norjani
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024