Kuala Pembuang (ANTARA) - Ketua DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Zuli Eko Prasetyo, mendorong seluruh perusahaan besar swasta (PBS) yang beroperasi di wilayah setempat, agar berperan dalam kemajuan pembangunan pada berbagai sektor.

“Saya harap PBS yang beroperasi di Seruyan bisa memberikan kontribusi nyata untuk daerah," kata Zuli Eko di Kuala Pembuang, Senin.

Ia menjelaskan di kabupaten berjuluk Bumi Gawi Hantantiring tersebut, terdapat banyak PBS khususnya di bidang perkebunan yang aktif beroperasi, sehingga mereka diharapkan memberikan kontribusi maksimal bagi daerah dan masyarakat.

Kontribusi yang pihaknya maksud, bisa berupa bantuan peningkatan infrastruktur jalan dan fasilitas penunjang kegiatan lainnya, bidang pendidikan, kesehatan, hingga ekonomi dalam arti luas.

"Jadi begini, mereka itukan berinvestasi di wilayah kita, jadi sudah sewajarnya kalau PBS bisa berkontribusi secara maksimal demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat," jelasnya.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDIP) itu memaparkan, hal tersebut tentu bisa direalisasikan melalui program dana tanggung jawab sosial perusahaan atau 'corporate social responsibility' (CSR) oleh PBS yang bersangkutan.

Penyaluran CSR seharusnya dilakukan, utamanya di wilayah sekitar PBS beroperasi. Mulai dari membantu peningkatan ruas jalan, bantuan usaha, pembangunan fasilitas pendukung yang diperlukan warga dan lainnya yang menjadi kebutuhan dasar.

"Mereka berinvestasi di Seruyan dan yang paling sering melintasi jalan juga mobil-mobil perusahaan, misalnya seperti truk pengangkut buah sawit," ungkapnya di sela kegiatan kerjanya.

Sebagai wakil rakyat pihaknya akan mengawal hal tersebut dan mendorong agar realisasinya sesuai harapan masyarakat. Partisipasi PBS dalam pembangunan, diyakini akan memajukan daerah serta masyarakatnya agar lebih sejahtera dengan pertumbuhan ekonomi yang baik.

"Kami juga mengingatkan pemerintah, agar menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik. Termasuk mengawal perusahaan agar menjalankan kewajibannya seperti penyaluran CSR," tuturnya.

Pewarta : Radianor
Uploader : Admin 4
Copyright © ANTARA 2024