Kuala Pembuang (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Rudi Hartono menyebut, dalam mewujudkan kemajuan pembangunan desa perlu adanya kerja sama dan sinergitas seluruh perangkat desa yang ada di wilayah setempat.

“Saya harap kepala desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), serta masyarakat, bekerja sama dan membangun sinergi untuk mewujudkan pembangunan yang optimal,” kata Rudi di Kuala Pembuang, Selasa.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu mendorong, seluruh perangkat desa di kabupaten berjuluk Bumi Gawi Hantantiring tersebut, bisa terus meningkatkan sinergitasnya. Hingga pada akhirnya, mampu memajukan desa dan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Kalau kita hanya bekerja sendiri, pekerjaan itu akan terasa sulit, namun apabila dilakukan dengan kerja sama yang baik, tentu apa yang diinginkan lebih cepat terwujud,” jelasnya yang juga merupakan mantan kepala desa itu.

Lebih lanjut Rudi menjelaskan, kemampuan serta inovasi dari seorang kepala desa dalam pengelolaan Dana Desa (DD) maupun Anggaran Dana Desa (ADD) yang telah dikucurkan pemerintah pusat juga sangat diperlukan.

Hingga pada akhirnya penggunaan anggaran desa tersebut, bisa lebih efektif untuk mencapai hal yang telah dicita-citakan, serta tak lepas dari upaya untuk menyejahterakan masyarakat. 

Kemudian, kualitas sumber daya manusia (SDM) dari perangkat desa juga akan memengaruhi dalam pembangunan, sehingga benar-benar diperlukan peran dari kepala desa dalam mengatur serta memberikan bimbingan kepada para perangkatnya.

“Karena itulah saya tegaskan, kerja sama sangatlah diperlukan dalam membangun desa. Kemudian dalam prosesnya, kepala desa dituntut berinovasi agar bisa memanfaatkan anggaran desa sebaik-baiknya, demi kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya di sela kegiatan kerjanya.

Pewarta : Radianor
Uploader : Admin 4
Copyright © ANTARA 2024