Palangka Raya (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Andjar Hari Purnomo mengatakan pada 2020 fokus pada program akreditasi ulang tiga pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas).

"Tiga Puskesmas yang akan melakukan reakreditasi ini yakni Puskesmas Bukit Raya, Puskesmas Pahandut dan Puskesmas Panarung," kata Andjar di Palangka Raya, Rabu.

Pada reakreditasi tersebut Dinas Kesehatan Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah menargetkan Puskesmas tersebut naik kelas. Salah satunya Puskesmas Bukit Hindu yang sebelumnya masuk kategori akreditasi dasar menjadi madya.

Di antara kriteria yang dalam reakreditasi itu seperti penerapan standar administrasi dan manajemen meliputi penyelenggaraan pelayanan Puskesmas, kepemimpinan dan manajemen Puskesmas, dan peningkatan mutu Puskesmas.

Terpenuhinya standar program Puskesmas meliputi program Puskesmas yang berorientasi sasaran, kepemimpinan dan manajemen program Puskesmas, dan sasaran kinerja dan MDGs.

Kemudian pemenuhan standar pelayanan Puskesmas meliputi layanan klinis yang berorientasi pasien, manajemen penunjang layanan klinis, dan peningkatan mutu klinis dan keselamatan pasien.

Akreditasi sebagai bagian dari upaya peningkatan kualitas pusat layanan kesehatan tersebut terus dilakukan sebagai salah satu upaya mendorong perbaikan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat di daerah ini.

Akreditasi yang penilaiannya dilakukan pihak eksternal dan dilakukan berdasar standar tertentu merupakan upaya penjaminan dan pemenuhan mutu, peningkatan kinerja dan penerapan manajemen risiko dilaksanakan secara berkesinambungan di Puskesmas.

Akreditasi Puskesmas juga bertujuan untuk pembinaan peningkatan mutu kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen, sistem manajemen mutu, sistem penyelenggaraan pelayanan serta program dan penerapan manajemen risiko. Tentu saja akreditasi ini bukan sekedar penilaian untuk mendapatkan sertifikat akreditasi.

Untuk itu, pihak Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya beserta jajarannya terus berupaya maksimal secara berkala meningkatkan akreditasi pusat-pusat layanan kesehatan.

"Program akreditasi ini juga sebagai upaya pemerintah kota dalam memberikan layanan publik yang mengutamakan mutu dan pelayanan prima dalam hal ini bidang kesehatan," kata Andjar.

Pewarta : Rendhik Andika
Uploader : Ronny
Copyright © ANTARA 2024