Kuala Kurun (ANTARA) - Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah akan menyusun ulang kepengurusan Forum Anak tingkat kecamatan pada tahun 2020 ini.

Kabid Perlindungan Hak Perempuan, Perlindungan Khusus Anak dan Pemenuhan Hak Anak Rayani, di Kuala Kurun, Rabu, menjelaskan bahwa sebelumnya kepengurusan Forum Anak tingkat kecamatan telah terbentuk di seluruh kecamatan di Kabupaten Gumas.

“Sebelumnya Forum Anak tingkat kecamatan telah terbentuk di semua kecamatan, namun saat ini masa jabatannya telah berakhir sehingga harus disusun ulang. Tahun ini targetnya akan dilakukan di tujuh kecamatan,” ucapnya.

Baca juga: DPRD ingatkan Dinas PU Gunung Mas segera realisasikan anggaran

Dia menyebut, tujuh kecamatan yang akan menjadi sasaran pada tahun 2020 ini adalah Sepang, Mihing Raya, Rungan Hulu, Rungan, Manuhing, Kahayan Hulu Utara, serta Damang Batu.  

Forum Anak, sambung dia, merupakan organisasi atau lembaga sosial yang digunakan sebagai wadah partisipasi bagi anak yang belum berusia 18 tahun, dimana anggotanya merupakan perwakilan dari kelompok anak atau kelompok kegiatan.

“Forum Anak dikelola oleh anak – anak dan dibina oleh pemerintah. Forum ini merupakan media untuk mendengar dan memenuhi aspirasi, suara, serta pendapat dari anak,” bebernya.

Baca juga: Kuota calon kurang, masyarakat Gumas didorong daftar jadi PKD

Mengingat besarnya manfaat dari Forum Anak, pemerintah daerah memberi mereka kesempatan kepada mereka untuk menyampaikan aspirasi saat pelaksanaan musyawarah perencanaan pembangunan tingkat kecamatan di sejumlah kecamatan, 12 Februari – 21 Februari 2020 lalu.

“Forum Anak Kabupaten Gumas memiliki anggota yang tersebar di sejumlah kecamatan. Jadi mereka menyampaikan aspirasi saat pelaksanaan musrenbang di kecamatan masing-masing. Aspirasi yang disampaikan murni dari kesadaran mereka,” tuturnya.

Lebih lanjut, saat ini Forum Anak juga telah terbentuk hingga tingkat desa/kelurahan, yakni di Desa Tumbang Danau dan Kelurahan Kampuri, Kecamatan Mihing Raya, serta Kelurahan Kuala Kurun dan Tampang Tumbang Anjir, Kecamatan Kurun.

“Ada banyak manfaat jika Forum Anak terbentuk hingga tingkat desa/kelurahan. Kami akan berupaya agar forum ini benar-benar menjadi wadah bagi anak untuk menyampaikan aspirasi,” demikian Rayani.

Baca juga: Tidak semua SMP di Gumas dapat laksanakan UNBK

Baca juga: DPRD Gunung Mas akan perhatikan peningkatan kesejahteraan PPL

Baca juga: Wabup Gumas sampaikan tugas Pj Kades yang baru dilantik

Pewarta : Chandra
Uploader : Admin Kalteng
Copyright © ANTARA 2024