Kuala Pembuang (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah akan melaksanakan kemah pertama Saka Adhyasta Pemilu yang diikuti seluruh ranting kecamatan di wilayah setempat.

“Kami sudah menginstruksikan seluruh pengawas kecamatan atau Panwascam untuk segera membentuk gerakan pramuka tingkat ranting,” kata Ketua Bawaslu Seruyan Yulius Setiawan di Kuala Pembuang, Kamis.

Menurutnya, hampir semua kecamatan sudah terbentuk, menyisakan Suling Tambun karena di daerah tersebut tidak memiliki SMA. Terbentuknya ranting Satuan Karya Pramuka (Saka) Adhyasta Pemilu, memastikan keikutsertaan daerah pada kegiatan kemah nantinya.

Lebih lanjut Yulius menjelaskan, hal itu dilakukan sesuai dengan program unggulan Bawaslu RI. Yaitu gerakan pengawasan partisipatif melalui gerakan masyarakat secara langsung yang ikut serta membantu melakukan pengawasan dan sifatnya seperti Saka Adhyasta Pemilu yang telah dibina. 

“Gerakan pramuka ini kita menyasar pemilih pemula dan pegiat pramuka. Apalagi peserta pramuka sudah memiliki karakter integritas yang bagus, sehingga bisa dilibatkan pada saat tahapan pilkada 2020,” kata Yulius.

Kemudian, pada hari pencoblosan Pilkada Kalteng 2020 mendatang, mareka akan ditempatkan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan turut serta membantu Bawaslu Seruyan melakukan pengawasan dengan baik.

Diharapkan dengan adanya dukungan dari para kaum milenial ini, bisa meningkatkan partisipasi pemilih. Kemudian juga bisa menciptakan demokrasi yang bersih dan berintegritas, sehingga memberikan hasil akhir yang maksimal nantinya sesuai harapan bersama.

Ia menambahkan, rencananya akan ada sebanyak 150 peserta yang hadir pada kemah tersebut dan pihaknya bekerja sama dengan Kwarcab Seruyan, karena secara teknis mareka yang berada di lapangan. 

“Jadi nanti ada materi kepramukaan yang akan diisi Kwarcab dan ada juga materi kepemiluan dari Bawaslu Seruyan. Nantinya para peserta, tentu akan lebih tau dalam ilmu pramuka dan pengawasan pemilu," katanya menegaskan.

Pewarta : Radianor
Uploader : Admin 4
Copyright © ANTARA 2024