Buntok (ANTARA) - Wakil Ketua DPRD Kabupaten Barito Selatan Kalimantan Tengah Hj Enung Irawati mengatakan, program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau Germas sangat bagus untuk ditingkatkan sebagai upaya efektif meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

"Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) ini perlu kesadaran dari seluruh masyarakat, dan harus dimulai dari diri sendiri, keluarga, dan masyarakat dalam mempraktikkan bagaimana pola hidup bersih dan sehat," katanya di Buntok, Senin.

Ia mengharapkan Dinas Kesehatan lebih gencar lagi dalam melaksanakan sosialisasi program Germas kepada masyarakat di daerah ini. Harapannya, muncul kepedulian masyarakat untuk menjalankan pola hidup sehat yang manfaatnya khususnya untuk diri sendiri dan keluarga.

Sosialisasi sangat penting supaya masyarakat yang belum mengetahui bisa menyadari pentingnya hidup sehat. Langkah itu dimulai dengan tersedianya air bersih dan sanitasi yang baik.

Germas merupakan salah satu cara efektif meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Barito Selatan yang berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus dengan melibatkan masyarakat secara langsung.

Germas juga merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk menurunkan risiko berjangkitnya penyakit menular yang berasal dari lingkungan sekitar.

"Saya mengharapkan kepada seluruh masyarakat untuk mendukung serta membantu Dinas Kesehatan dalam menyukseskan program Germas yang selama ini dilaksanakan instansi tersebut," harapnya.

Selain itu, dia juga meminta kepada kepala desa di Barito Selatan ini agar membangun sanitasi, termasuk membangun sistem pembuangan air limbah untuk mandi dan toilet bagi masyarakat.

Kegiatan itu dapat diprogramkan melalui anggaran dana desa. Harapannya agar Kabupaten Barito Selatan bisa terbebas dari jamban yang mencemari air sungai.

"Disamping itu, kepala desa bisa menganggarkan pembangunan toilet komunal yang sehat, sehingga kualitas sanitasi tidak tercemar dan lingkungan hidup akan menjadi lebih baik," demikian Enung Irawati.

Pewarta : Bayu Ilmiawan
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024