Palangka Raya (ANTARA) - Fraksi Partai Demokrat DPRD Kalimantan Tengah Sriosako mengingatkan sekaligus meminta perusahaan umum daerah yang ada di provinsi ini, agar tetap bekerja secara optimal sekaligus ikut berperan membantu berkembangnya usaha mikro, kecil dan menengah.

Keberadaan perusada selain berperan memberikan pendapatan asli daerah juga harus menjadi perintis kegiatan-kegiatan usaha dan membantu serta melindungi UMKM di provinsi ini, kata Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Kalteng Sriosako di Palangka Raya, Kemarin. 

"Tentu saja untuk merealisasikan semua itu, perusda yang menjadi milik pemerintah daerah harus dikelola secara profesional, sehingga mampu merealisasikan itu semua," tambahnya.

Menurut Anggota Komisi II DPRD Kalteng itu, ada sejumlah kebijakan dan inovasi yang harus dipenuhi  dalam meningkatkan kinerja BUMD, agar sesuai dengan cita-cita keberadaannya. Mulai dari peningkatan kelembagaan dan sumber daya manusia yang ada di perusda tersebut.

Dia mengatakan soal peningkatan kelembagaan dan sumber daya manusia yang ada di BUMD itu sangat penting karena pemerintah dan DPRD sendiri menginginkan agar BUMD benar-benar mampu tampil menjadi lembaga yang berwibawa dan dihormati oleh publik.

Baca juga: DPRD minta tempat isolasi khusus virus corona disediakan di Kalteng

"Kondisi agar BUMD berdampak besar terhadap daerah akan dapat terwujud jika pengelolaannya dilakukan benar-benar secara dan oleh orang profesional," kata Sriosako.

Wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan I meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Gunung Mas dan Katingan itu pun mendorong semua perusda, terkhusus Banama Tingang Makmur (BTM), yang merupakan milik pemerintah provinsi agar mampu berperan aktif dalam mendukung berbagai pengembangan di berbagai sektor ekonomi di Kalteng.

"Perusda memang dituntut untuk memberi peningkatan di berbagai bidang. Maka dari itu sangat penting membuat perusda sehat, agar hal yang berkaitan dengan perannya tersebut dapat terlaksana dengan baik," demikian Sriosako.

Baca juga: Legislator Kalteng ajak pekebun lebih tingkatkan kualitas getah karet

Baca juga: Fraksi PDIP Kalteng usulkan pemprov realokasi APBD tangani covid-19

Pewarta : Jaya Wirawana Manurung
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024