Buntok (ANTARA) - Sebanyak delapan orang pasien yang tertular Corona Virus Disease-19 (COVID-19) di Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah dinyatakan sembuh.

"Kita patut bersyukur pada 4 Agustus 2020 ini sebanyak delapan orang pasien dinyatakan sembuh," kata Juru Bicara Percepatan Penanganan COVID-19 Barito Selatan, dr Djulita Kurniadia Palar di Buntok, Rabu.

Ia mengatakan, delapan orang yang dinyatakan sembuh tersebut berasal dari Kecamatan Dusun Selatan dan mereka sudah diperbolehkan pulang ke rumahnya masing-masing.

Secara kumulatif, lanjut dia, konfirmasi positif berjumlah 130 kasus dengan rincian 76 orang sembuh, 50 orang dalam perawatan dan empat orang meninggal dunia.

Ia menjelaskan dari enam kecamatan yang ada di wilayah kabupaten berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini hanya dua kecamatan berada pada zona hijau.

"Dua kecamatan zona hijau tersebut yakni, Kecamatan Dusun Utara dan Jenamas. Sementara empat kecamatan lainnya, yakni Dusun Selatan, Karau Kuala, Gunung Bintang Awai dan Dusun Hilir merupakan zona merah," jelasnya.

Pihaknya juga mengimbau kepada seluruh masyarakat di Barito Selatan agar bersama-sama bergotong royong, mencegah dan memutus rantai penularan COVID-19 dengan mengikuti semua anjuran pemerintah dan menerapkan protokol kesehatan.

Mematuhi protokol kesehatan itu dengan memakai masker pada saat beraktivitas dimanapun dan kapanpun, serta mencuci tangan menggunakan sabun.

"Kami mengingatkan masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan, terutama wajib menggunakan masker saat beraktivitas, serta mencuci tangan sesering mungkin," harap Kepala Dinas Kesehatan Barito Selatan itu.

Kemudian menjaga jarak, rajin berolahraga, jangan panik, dan selanjutnya konsumsi makanan bergizi dalam upaya meningkatkan imunitas tubuh.

Pewarta : Bayu Ilmiawan
Uploader : Admin 4
Copyright © ANTARA 2024