Sampit (ANTARA) - Perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Unggul Lestari kembali menunjukkan kepeduliannya membantu perekonomian masyarakat Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah di tengah pandemi COVID-19, kali ini dengan memberi bantuan ternak babi Batam kepada masyarakat untuk dibudidayakan.

"Bantuan budidaya ternak babi Batam ini merupakan program Community Development PT Unggul Lestari untuk membantu masyarakat. Bantuan ini dalam rangka peningkatan potensi ekonomi lokal, terlebih di tengah lesunya ekonomi akibat dampak pandemi COVID-19," kata General Manager PT Unggul Lestari, Toris di Sampit, Jumat.

Bantuan babi Batam tersebut diserahkan kepada kelompok Tani Kapakat Desa Tumbang Kalang Kecamatan Antang Kalang. Bantuan berupa babi jantan 1 ekor, babi betina 4 ekor, mesin alkon 1 unit dan 5 sak pakan untuk babi.

Ternak babi dilakukan dengan metode pengembangbiakan. Harapannya, jumlah babi bertambah banyak sehingga memberi penghasilan yang mampu meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

Hasil budidaya ternak melalui Program Community Development PT Unggul Lestari bekerjasama dengan kelompok Tani Kapakat Desa Tumbang Kalang ini nantinya juga diharapkan terus berkembang sehingga kelompok tani ini juga bisa membantu kelompok tani lainnya agar bisa mandiri.

Toris menambahkan, PT Unggul Lestari berkomitmen untuk terus membantu masyarakat agar bisa meningkatkan kesejahteraan. Bantuan diberikan sesuai dengan potensi yang bisa dikembangkan masyarakat desa masing-masing.

Bantuan budidaya ternak babi Batam tersebut diupayakan berkelanjutan agar semakin banyak kelompok tani yang mampu mandiri. Bantuan tidak hanya berupa babi, tetapi juga bisa berupa kebutuhan lain seperti pembuatan kandang dan lainnya.

"Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan potensi ekonomi lokal di Desa Tumbang Kalang melalui budidaya ternak babi Batam dengan inovasi secara tradisional. Kami berharap nantinya mereka menjadi kelompok tani yang mandiri," harap Toris.

Manajemen PT Unggul Lestari bersama warga menunjukkan ternak babi bantuan pihak perusahaan untuk Kelompok Tani Kapakat Desa Tumbang Kalang Kecamatan Antang Kalang, Selasa (15/12/2020). ANTARA/HO-PT Unggul Lestari

Belum lama ini perusahaan yang baru saja menerima penghargaan PROPER Hijau dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan ini juga membantu masyarakat beternak kambing dengan sistem semi modern. Bantuan budidaya kambing dengan metode silase itu diberikan bantuan kepada kelompok Tani Langgeng Utomo Desa Tribuana Kecamatan Telaga Antang dalam rangka peningkatan potensi ekonomi lokal.

Bantuan yang diberikan berupa satu ekor kambing jantan, empat ekor kambing betina, satu unit mesin produksi pembuat pakan kambing, tiga buah drum plastik dan satu terpal plastik.

"Bantuan melalui program Community Development ini kami harapkan bisa memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat sesuai potensi di desa masing-masing sehingga berkelanjutan. Kami berkomitmen akan terus mendukung itu," ujar Toris.

Manajemen PT Unggul Lestari bersama warga berfoto usai penyerahan bantuan ternak babi untuk Kelompok Tani Kapakat Desa Tumbang Kalang, Selasa (15/12/2020). ANTARA/HO-PT Unggul Lestari

Sementara itu, bantuan ternak babi Batam tersebut disambut gembira masyarakat, khususnya kelompok tani yang menerima bantuan itu. Mereka berharap budidaya ini akan sukses sehingga membawa dampak positif terhadap perekonomian masyarakat.

Kepala Desa Tumbang Kalang Yulius Supriadi, SH mengatakan, dirinya atas nama pemerintah desa dan masyarakatnya mengucapkan banyak terima kasih kepada PT Unggul Lestari atas kerjasama yang baik dengan memberikan bantuan ternak babi.

Yulius berharap bantuan ini bermanfaat untuk mengubah bahkan meningkatkan perekonomian masyarakat desanya. Apalagi, kondisi ekonomi di tengah pandemi COVID-19 ini sangat memprihatinkan karena semua usaha mikro kecil serba mengalami kesulitan.

Babi Batam bantuan PT Unggul Lestari untuk Kelompok Tani Kapakat Desa Tumbang Kalang Kecamatan Antang, Selasa (15/12/2020). ANTARA/HO-PT Unggul Lestari

"Sukses dan tidaknya perkembangan ternak ini tergantung dari komitmen pengelola, terkait bagaimana kerjasamanya. Saya menyadari di tahap awal ini memang cukup sulit, tapi saya yakin atas komitmen dan keseriusan seluruh anggota kelompok ternak, kedepannya bisa mengembangkan usaha ini agar bisa menjadi komoditas utama dalam menambah penghasilan," harap Yulius.

Yulius juga berharap kedepan PT Unggul Lestari bisa melakukan pemantauan minimal tiga bulan sekali, serta mendatangkan petugas penyuluh dari peternakan untuk memberikan bimbingan dan semangat kepada anggota kelompok tani di Desa Tumbang Kalang.

"Sekali lagi saya sampaikan ucapan terima kasih kepada PT Unggul Lestari atas bantuan ini. Ini adalah bukti komitmen perusahan melalui 'community development' dalam melakukan pembinaan terhadap masyarakat di sekitar perusahaan. Semoga kedepan hubungan baik ini tetap terjalin sebagaimana mestinya, bahkan yang lebih besar lagi. Tidak hanya bantuan ternak, tetapi juga mengembangkan di sektor-sektor sosial dan ekonomi lainnya," demikian Yulius Supriadi.

Baca juga: Raih penghargaan PROPER Hijau, bukti komitmen PT SSM, PT MAS dan PT UL terhadap lingkungan

Baca juga: Masyarakat antusias sambut budidaya kambing semi modern bantuan PT Unggul Lestari

Baca juga: PT Unggul Lestari kembali berikan ratusan sembako untuk masyarakat desa sekitar perusahaan


Pewarta : Norjani/Inforial
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024