Kuala Kapuas (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, melalui Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan setempat memberikan bantuan sosial dan kesehatan kepada warga yang terdampak banjir di Kalimantan Selatan.

"Dinas Sosial melalui Taruna Siaga Bencana (Tagana) berkolaborasi dengan Public Safety Center (PSC) 119 Kapuas dengan dibagi menjadi dua tim untuk memberikan pelayanan dibeberapa titik pengungsian korban banjir di Kalimantan Selatan,” kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kapuas, Budi Kurniawan di Kuala Kapuas, Jumat.

Pihaknya bersama PSC 119 Kapuas melakukan penyisiran wilayah di Kelurahan Handil Bakti dan sekitar daerah Semangat Dalam. Mereka mengitari titik-titik pengungsian guna meninjau masyarakat yang memerlukan bantuan akibat dampak banjir tersebut.

Dalam melakukan aksi sosial dan pelayanan kesehatan saat itu, pihaknya didampingi Danramil dan Kapolsek serta dibantu relawan dari Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat di daerah setempat.

“Semua bergerak dari pukul 16.23 sampai dengan 22.11 waktu setempat, guna menyisir dengan berjalan kaki sambil membawa perahu karet sejauh 12 kilometer,” ujarnya.

Dikatakannya, kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian dan kebersamaan seluruh unsur Pemerintah Kabupaten Kapuas, untuk membantu korban yang tertimpa musibah banjir di Kalimantan Selatan.

“Ini sebagai bentuk perhatian dan kepedulian Pemkab Kapuas atas musibah banjir yang terjadi, semoga dengan bantuan yang diberikan dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak musibah banjir,” ucapnya.

Sementara itu, dalam kegiatan peduli banjir Dinas Sosial melalui Tagana memberikan bantuan berupa sosial membantu warga banjir. Dinas Kesehatan melalui PSC 119 memberikan bantuan berupa pelayanan kesehatan dan juga pemberian edukasi kepada masyarakat terkait penerapan hidup bersih dan sehat.

“Kita juga memberikan obat-obatan, sembako, pakaian layak pakai dan juga donasi berupa uang serta rencananya pada tanggal 25 Januari 2021 nanti, akan kembali melaksanakan bakti sosial dengan melakukan pelayanan kesehatan kembali,” kata Kepala Bidang Kesehatan Dinkes Kapuas, Pandit.

Hal ini dilakukan sesuai arahan Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat dan Wakil Bupati Kapuas Muhammad Nafiah Ibnor agar seluruh OPD di Kabupaten Kapuas dapat mengerahkan segala potensi yang dimiliki dalam membantu masyarakat di Kalimantan Selatan yang terkena musibah banjir.

“Dinas Kesehatan Kapuas sudah dua kali melaksanakan kegiatan bakti sosial peduli banjir ini, yakni pada tanggal 18 Januari 2021 lalu dan tanggal 20 Januari 2021 dengan pelaksanaan kegiatan di daerah Jalan Pramuka Km 6 dan daerah Handil Semangat,” demikian Pandit.

Baca juga: Warga Muhammadiyah Kapuas salurkan bantuan ke Kalsel

Baca juga: Pemkab Kapuas distribusikan bantuan banjir Kalsel

Baca juga: Pemkab Kapuas telah terima bantuan mesin PCR dari BNPB

Pewarta : All Ikhwan
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024