Kuala Pembuang (ANTARA) - Kalangan anggota DPRD Seruyan, Kalimantan Tengah meminta pemerintah kabupaten setempat agar rutin melakukan pembinaan terhadap para nelayan.

“Berbagai macam pembinaan serta pelatihan sangat penting untuk dilakukan," kata Anggota DPRD Seruyan Bejo Riyanto di Kuala pembuang, Jumat.

Tujuannya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) para nelayan tersebut dan dalam rangka peningkatan roda perekonomian nelayan itu sendiri.

Menurut dia, pengembangan mutu dan kualitas para nelayan tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan hasil tangkap saja, namun juga untuk menjaga ekosistem sungai dan laut.

“Tentu saja dalam memberi pelatihan serta pembekalan itu, tidak hanya terfokus pada peningkatan mutu nelayan saja, tapi juga  memberikan sosialisasi tentang merawat ekosistem. Hal itu sangat penting untuk keberlangsungan jangka panjang potensi-potensi yang kita miliki,” ungkapnya.

Lebih lanjut Bejo mengatakan, dilakukannya pembinaan terhadap para nelayan, diharapkan mampu meningkatkan kreativitas dan pemahaman mereka dalam menangkap ikan di laut maupun perairan lainnya.

“Misalnya saja dalam pengadaan kapal cumi bagi para nelayan, hal ini harus dibarengi dengan peningkatan SDM nelayan itu sendiri. Mengingat dalam mengoperasikan dan menangkap cumi di laut bukanlah perkara mudah," jelasnya.

Politisi Partai Amanat Nasional itu menambahkan, hal-hal seperti inilah yang harus diperhatikan oleh instansi terkait, tentu saja dirinya selaku wakil rakyat akan selalu mendukung jika hal tersebut demi kesejahteraan masyarakat.

“Dari sisi kualitas SDM sangat perlu kita tingkatkan dan itu bisa dilakukan melalui pembinaan, karena kalau dari sisi potensi alam, saya rasa tidak ada masalah. Tinggal bagaimana caranya supaya pemanfaatan tersebut bisa lebih maksimal,” demikian Bejo.

Pewarta : Radianor
Uploader : Admin 4
Copyright © ANTARA 2024