Sampit (ANTARA) - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, didorong untuk membantu pemerintah daerah dalam pemulihan ekonomi di tengah pandemi COVID-19 yang masih terjadi.

"Saya dipanggil Gubernur dalam dangka meminta Kadin Kotim bisa membantu pemulihan ekonomi daerah yang terdampak COVID-19. Gubernur berharap Kadin Kotim bisa terus meningkatkan serta menggali potensi-potensi daerah yang nantinya bisa meningkatkan PAD Kotim serta kemajuan pengusaha dan dunia usaha, terutama UMKM," kata Ketua Kadin Kotawaringin Timur, Susilo di Sampit, Rabu.

Susilo mengatakan, selama ini pihaknya sangat serius membantu pemerintah daerah dan masyarakat dalam mendorong peningkatan ekonomi. Terlebih di tengah lesunya ekonomi dampak pandemi COVID-19, pihaknya berupaya keras membantu agar dunia usaha kembali bangkit.

Dia sangat berterima kasih karena ternyata kegiatan yang dijalankan Kadin Kotawaringin Timur mendapat perhatian dari gubernur. Ini merupakan respons sekaligus kesamaan pandangan dan komitmen pemerintah daerah dalam mendorong peningkatan perekonomian masyarakat.

Banyak sektor usaha yang terpuruk akibat imbas pandemi COVID-19. Situasi itu otomatis berpengaruh tidak baik terhadap bidang ketenagakerjaan karena banyak perusahaan atau badan usaha yang melakukan pengurangan karyawan maupun membatasi kegiatan pekerjanya.

Ekonomi masyarakat juga terganggu sehingga membuat kemampuan memenuhi kebutuhan hidup mulai terganggu. Diperlukan langkah konkret memulihkan ekonomi namun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Baca juga: Pemkab Kotim dukung sanksi kurungan pelanggar protokol kesehatan

Saat pertemuan tersebut, kata Susilo, gubernur meminta semua pengusaha dan dunia usaha, termasuk BUMN, BUMD, koperasi dan UMKM wajib ikut bergabung menjadi anggota Kadin, sesuai Undang-Undang Nomor 1 tahun 1987.

Gubernur juga menilai Kadin Kotawaringin Timur telah sukses dan mampu bersinergi dengan pemerintah daerah di tingkat kabupaten maupun provinsi. Gubernur menyebut Kadin Kotawaringin Timur menjadi contoh dan barometer bagi Kadin kabupaten dan kota di Kalimantan Tengah.

Menanggapi itu, Susilo menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas perhatian gubernur. Pihaknya juga berkomitmen untuk terus berkontribusi membantu pemerintah daerah dan masyarakat dalam hal peningkatan perekonomian, khususnya pemulihan ekonomi di tengah pandemi COVID-19 ini.

"Saya juga meminta kepada gubernur supaya bisa memberikan kemudahan bagi investor untuk berinvestasi serta memberikan kemudahan kepada teman-teman pengusaha daerah agar diutamakan. Saya menyampaikan bahwa Pergub (peraturan gubernur) untuk optimalisasi potensi daerah sudah ada, tinggal implementasinya di kabupaten saja lagi," demikian Susilo.

Baca juga: Puluhan pegawai dikerahkan membersihkan sungai cegah banjir di Sampit

Baca juga: Pengembang perumahan di Sampit diminta turut antisipasi banjir

Pewarta : Norjani
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024