Kuala Kurun (ANTARA) - Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Untung Jaya Bangas meminta setiap elemen pemerintahan di kabupaten setempat untuk bersatu padu dalam mendukung program prioritas yang sudah dibuat bupati.

“Fraksi Partai Demokrat berharap agar program prioritas yakni smart agro, smart tourism, dan smart human resources diseriusi oleh setiap elemen pemerintahan di Gumas,” ucapnya saat menyampaikan pandangan umum terhadap pidato pengantar bupati, pada rapat paripurna di Kuala Kurun, Selasa.

Dia menyebut, yang dimaksud dengan pemerintahan di sini adalah mulai dari staf, tenaga teknis, sampai pengambil keputusan. Selain itu, pemerintah desa, kelurahan dan kecamatan hendaknya dapat bersatu padu dalam mendukung tiga smart.

Fraksi Partai Demokrat DPRD Gumas berharap setiap perangkat daerah bekerja dengan semangat dan profesional. Dari hasil kerja atau prestasi hendaknya diberi penghargaan, dan didorong untuk meningkatkan kompetensi serta dipacu untuk meningkatkan sumber daya manusia, sehingga dapat berdaya saing dengan daerah lain.

Baca juga: Walau raih WTP, aparatur Pemda Gumas diminta tingkatkan kinerja

Setiap program, tutur dia, hendaknya dapat memberi kontribusi untuk mencapai masyarakat yang sejahtera, tentunya dengan memperhatikan budaya, kebiasaan dan kultur sosial masyarakat di kabupaten setempat.

Selain itu, Fraksi Partai Demokrat DPRD Gumas berharap agar desain pembangunan di Gumas dapat mencantumkan strategi daerah, kebijakan program yang berdasarkan data kewilayahan, untuk menyatukan fokus pembangunan

“Aspek spesialis kewilayahan dalam perencanaan pembangunan sangat penting, karena akan menjadi dasar kebijakan pembangunan yang bersifat afirmatif, sekaligus sebagai pedoman untuk menyesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan daerah. Tujuannya untuk mengurangi kesenjangan antara daerah,” bebernya.

Fraksi Partai Demokrat DPRD Gumas juga berharap agar pemkab dapat melihat fase pandemi COVID-19 dengan perubahan sosial ekonomi masyarakat, untuk memberi program-program ketahanan pangan, ketahanan ekonomi, serta menambah nilai ekonomi di masing-masing masyarakat.

Baca juga: UKM Tumbang Talaken Gumas hasilkan berbagai produk kerajinan tangan

Lebih lanjut, pihaknya meminta penjelasan terkait Tambahan Penghasilan Pegawai dari bulan Januari – Mei 2021 ini, yang masih belum diterima oleh para pegawai di lingkup Pemkab Gumas.

Dia juga mendorong Pemkab Gumas agar memperhatikan masalah perizinan serta analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL), yang menjadi kewajiban dari perusahaan besar swasta yang beroperasi di daerah tersebut.

Secara umum, Fraksi Partai Demokrat DPRD Gumas sepakat dan setuju empat raperda yang sebelumnya diajukan oleh bupati untuk dibahas bersama antara eksekutif dan legislatif, sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Baca juga: Bupati Gumas minta tokoh adat dukung perubahan raperda

Baca juga: PBS akan perbaiki jalan rusak Bukit Liti -- Kuala Kurun

Baca juga: Bupati Gumas ajukan empat buah raperda

Pewarta : Chandra
Uploader : Admin Kalteng
Copyright © ANTARA 2024