Buntok (ANTARA) - DPRD Barito Selatan, Kalimantan Tengah mengapresiasi program inovasi yang dilakukan Polres setempat dalam memudahkan pelayanan publik.

"Kami menilai Program Pelayanan Terpadu Hari Libur (Peter Harli) dan Mobil Antar Jemput Gratis (Mobil Artis) sangat bagus," kata Wakil Ketua DPRD Barito Selatan, Enung Irawati saat dihubungi di Buntok, Kamis.

Menurutnya program inovasi ini memudahkan pelayanan kepada masyarakat yang tidak sempat mengurus surat menyurat pada saat hari kerja.

Ia berharap, program inovasi tersebut dapat dicontoh instansi lainnya, terutama inovasi yang sifatnya mempermudah urusan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Apabila pelayanannya bagus dan cepat maka masyarakat akan senang. Kemudian masyarakat juga tentu menginginkan pelayanan yang mudah, baik dan tidak berbelit-belit," jelasnya.

Politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Barito Selatan itu juga berharap pelayanan publik khususnya yang dilakukan Polres Barito Selatan dapat terus ditingkatkan, serta kedepannya bisa melahirkan inovasi baru lagi.

"Saya juga tertarik dengan Mobil Artis, selain untuk antar jemput masyarakat yang ingin berurusan di Polres, katanya bisa juga untuk keperluan kegiatan lainnya dan itu bagus," ucapnya.

Sementara itu Kapolres Barito Selatan, AKBP Agung Tri Widiantoro menyampaikan, program inovasi ini menjawab apa yang menjadi keinginan masyarakat yakni pelayanan yang mudah, cepat dan terjangkau.

Ia menjelaskan, untuk Peter Harli ini merupakan pelayanan kepada masyarakat yang tidak sempat mengurus sejumlah surat menyurat pada saat hari kerja.

"Adapun jenis pelayanan terpadu hari libur tersebut seperti mengurus perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) A dan C, mengurus surat keterangan hilang, hingga SKCK," terangnya.

Kemudian lanjut dia, pelayanan identifikasi atau sidik jari, pelayanan pengaduan masyarakat, pelayanan pengesahan STNK dan pelayanan pengawalan responsif atau "Ngarawah Sasameh".

"Untuk pelayanan terpadu hari libur ini pada Sabtu, Minggu dan libur nasional, sedangkan pelayanannya dibuka pukul 09.00-12.00 WIB," jelas Agung Tri Widiantoro.

Sedangkan untuk pelayanan mobil antar jemput gratis ini memudahkan bagi masyarakat yang ingin berurusan ke Polres Barito Selatan.

"Mobil ini nantinya akan stanby di pelabuhan Pasar Lama Buntok," ucap Agung Tri Widiantoro.

Pewarta : Bayu Ilmiawan
Uploader : Admin 4
Copyright © ANTARA 2024