Puruk Cahu (ANTARA) - Wakil Ketua DPRD Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah, Rahmanto Muhidin berharap para generasi muda, baik di tingkat SD sampai SMA sederajat bisa bergabung dalam organisasi Praja Muda Karana (Pramuka).

"Karena, Pramuka sangat penting sebagai wadah untuk membentuk karakter bagi generasi muda, sebagai calon pemimpin penerus bangsa," katanya di Puruk Cahu, Sabtu.

Ia mengatakan, pada Pramuka, generasi muda juga akan dibekali dengan berbagai keterampilan dan keahlian agar anggotanya bisa mandiri.

"Pramuka juga merupakan cerminan Pancasila, seperti aspek religi, moral, HAM, persatuan dan kesatuan, serta bela negara, sehingga Pramuka menjadi pelopor Negara Kesatuan Republik Indonesia," jelas Rahmanto.

Kata Pramuka, lanjut dia, merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti jiwa muda yang suka berkarya. Hal ini merupakan investasi jangka panjang yang harus dijaga sebagai warisan dari generasi saat ini.

Dalam kesempatan itu juga Rahmanto mengatakan, di Hari Jadi ke-60 diharapkan gerakan Pramuka lebih maju, menunjukkan eksistensi dan lebih bisa berbuat banyak di tengah masyarakat.

Gerakan Pramuka menjadi semakin dewasa dan sukses dalam menjalankan amanat negara, membina dan mendidik kaum muda menjadi insan yang berakhlak mulia, berpengetahuan, berbudi luhur dan mempunyai keterampilan.

Ia juga mengharapkan, gerakan Pramuka terus membawa pesan positif kepada masyarakat. Apalagi, di masa pandemi COVID-19, Pramuka harus mampu memenuhi ekspektasi dalam membantu pemerintah mengedukasi dan mensosialisasikan penanganan dan pencegahan COVID-19, serta bencana alam lainnya.

“Alhamdulillah Pramuka di daerah kita punya generasi yang semangatnya cukup tinggi dan itu juga didukung tokoh-tokoh yang ada di Pramuka," tegasnya.

Diharapkan Pramuka dapat membantu pemerintah mensosialisasikan serta mengedukasi masyarakat agar disiplin menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi yang belum berakhir hingga saat ini.

Pewarta : Supriadi/Bayu Ilmiawan
Uploader : Admin 4
Copyright © ANTARA 2024