Kuala Pembuang (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Arrahman menyarankan kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat untuk menganggarkan pengadaan mobil ambulans dobel gardan untuk sejumlah pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di daerah pelosok.

“Sebagai kendaraan penolong nyawa, ambulans punya fungsi vital. Untuk memaksimalkannya kita harap pengadaan mobil dobel gardan bagi puskesmas yang memang mempunyai akses jalan yang sulit dilewati,” kata Arrahman di Kuala Pembuang, Rabu.

Arrahman yang juga Ketua Fraksi Keadilan Demokrasi Bangsa (Kedesa) Amanat Pembangunan Rakyat (Ampera) DPRD Seruyan mengungkapkan, hal ini menjadi salah satu poin yang pihaknya sampaikan dalam menanggapi pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Seruyan tahun anggaran 2021.

“Kami sarankan kepada Dinkes setempat agar menganggarkan untuk pengadaan mobil ambulans dengan spesifikasi dobel gardan untuk puskesmas di wilayah hulu Seruyan. Menurut kami ini sangat penting, sehingga dapat meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Seruyan khususnya,” ungkapnya.

Baca juga: Ketua DPRD minta pemkab mematangkan perencanaan Pelabuhan Teluk Segintung

Dia mencontohkan, khususnya untuk Puskesmas Tumbang Langkai, Kecamatan Suling Tambun dan Puskemas Tumbang Manjul, Kecamatan Seruyan Hulu. Daerah tersebut akses jalannya cukup sulit sehingga memang sangat diperlukan ambulans tersebut.

Ia menjelaskan, pengadaan mobil dengan spesifikasi tersebut sangat diperlukan jika melihat dan berkaca pada medan tempuh yang sangat sulit untuk dilalui. Pengadaan mobil ambulans tersebut  untuk mempermudah proses rujuk pasien dan memaksimalkan pelayanan kesehatan yang ada di puskemas wilayah setempat.

“Karena apabila hendak rujuk ke rumah sakit, itu harus melalui medan yang sangat sulit. Jadi memang dibutuhkan kendaraan  yang memenuhi standar sebagai penunjang,” jelasnya.

Politisi Partai Demokrat itu menambahkan bahwa untuk tenaga kesehatannya juga perlu untuk ditambah baik itu, dokter, perawat, dan bidan. Sehingga pelayanan kepada masyarakat di Bumi Gawi Hantantiring ini bisa terus ditingkatkan.

Baca juga: Hari Jadi ke-20 Seruyan, Yulhaidir terus berupaya tingkatkan kesejahteraan masyarakat

Baca juga: Badan Kehormatan minta keaktifan anggota DPRD Seruyan ditingkatkan


Baca juga: Bupati Seruyan: 250 kasus ketenagakerjaan sudah kami selesaikan

Pewarta : Radianor
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024