Kasongan,Kalteng (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, dijadwalkan melantik dan mengambil sumpah/janji panitia pengawas pemilu kecamatan (panwaslu kecamatan) setempat pada 29 Oktober 2022.

"Setelah melalui beberapa tahapan proses seleksi, Pokja Pembentukan Panwaslu Kecamatan telah secara resmi mengumumkan nama-nama panwaslu kecamatan terpilih dan akan dilaksanakan pelantikan pada Sabtu (29/10) pukul 09.00 WIB oleh Ketua Bawaslu Katingan," kata Ketua Bawaslu Katingan Yosafat Ericktovia Kawung melalui Komisioner Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Wahyuni di Kasongan, Kamis.

Menurut dia, proses seleksi panwaslu kecamatan merupakan kombinasi antara tes tertulis 40 persen dan 60 persen tes wawancara. Berdasarkan hasil rapat pleno ditetapkan sebanyak 37 orang terpilih sebagai panwaslu kecamatan pada 13 kecamatan di Katingan. Keterwakilan perempuan mencapai 32,43 persen atau sebanyak 12 orang.

Panwaslu kecamatan diisi tiga orang dan bertugas untuk mengawasi penyelenggaraan pemilu di wilayah kecamatan. Khusus Kecamatan Kamipang dan Pulau Malan baru terisi dua orang. Hal itu disebabkan peserta pada dua kecamatan tersebut tidak hadir saat dilaksanakan tes tertulis CAT dan tes wawancara.

"Mengenai penambahan masing-masing satu orang lagi di dua kecamatan tersebut, kami menunggu petunjuk lebih lanjut dari Bawaslu RI. Semua prosesnya nanti mungkin diatur tersendiri," ucapnya.

Berikut nama-nama panwaslu kecamatan di Katingan yang akan dilantik, Kecamatan Kamipang terdiri dari Riky (Laki-laki/L) dan Jumiati (Perempuan/P). Kecamatan Katingan Hilir terdiri dari Lian Margifani (P), Eko Teguh Purwanto (L) dan Wildan Nahan (L). Kecamatan Tewang Sangalang Garing terdiri dari Nia Vinisia (P), Sellamunati (P) dan Alfen Rendy (L).

Kecamatan Pulau Malan terdiri dari Hampe Tebo (L), Halimatussa'Diah.S (P). Kecamatan Katingan Tengah terdiri dari Rahmat Karta Raharja (L), Edy Kristanto (L) dan Rofita Kristiana (P). Kecamatan Sanaman Mantikei terdiri dari Aan Yulianto Teguh (L), Junaidi (L) dan Jumratul Hikmah (P).

Kecamatan Marikit terdiri dari Pariang Pakpahan (L), Stevi Luntungan (P) dan Sri Dewi (P). Kecamatan Katingan Hulu terdiri dari Sugiyono (L), Fitriansyah (L) dan Chandra Jaya Saputra (L). Kecamatan Mendawai terdiri dari Nopya Yusniati (P), Bambang Herianto (L) dan Rahmad Wahyu Hidayat (L).

Kecamatan Katingan Kuala terdiri dari Ruslan (L), Mawardi (L) dan Mansur Santoso (L). Kecamatan Tasik Payawan terdiri dari Yupiterman (L), Alicia Shinty (P) dan Wahyudi L. Kecamatan Petak Malai terdiri dari Hengki (L), Misraim Neolaka (L) dan I Made Budiarse (L). Kecamatan Bukit Raya terdiri dari Yans Permana (L), Mamei (P) dan Mahar Dekui (L).

Pewarta : Fernando Rajagukguk
Uploader : Admin 1
Copyright © ANTARA 2024