Palangka Raya (ANTARA) - Angkasa Pura II Bandara Tjilik Riwut Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah menyatakan, pergerakan penumpang menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023 terus mengalami peningkatan.

"Terhitung sejak 12 Desember 2022 lalu jumlah penumpang mampu mencapai sekitar 2.200 orang per hari," kata Executive General Manager (EGM) Angkasa Pura II Bandara Tjilik Riwut Agoes Soepriyanto di Palangka Raya, Selasa.

Dia menjabarkan, pergerakan penumpang di Bandara Tjilik Riwut terus menunjukkan tren positif. Dimulai pada periode Oktober-November 2022 penumpang rata-rata per harinya berkisar 1.500 orang, meningkat rata-rata menjadi sekitar 1.700 orang per hari sejak awal Desember hingga sekitar 11 Desember.

"Dan dimulai pada sekitar 12 Desember penumpang di Bandara Tjilik Riwut rata-rata per harinya mencapai hingga 2.200 orang," terang Agoes.

Menurutnya baik untuk pergerakan penumpang yang datang maupun pergi cukup berimbang dan peningkatan pergerakan penumpang selain dipengaruhi Nataru, juga dipengaruhi masa libur sekolah.

Adapun frekuensi penerbangan per harinya mencapai antara 18-20 pesawat dengan rute di antaranya Jakarta, Surabaya, Balikpapan, serta daerah lain.

"Menuju Nataru ke depan, pergerakan penumpang kami perkirakan akan terus meningkat," jelasnya.

Adapun untuk penerbangan ekstra, dia mengatakan, Angkasa Pura II maupun pihak maskapai pada dasarnya dalam kondisi siap, namun semua menyesuaikan kondisi permintaan dari penumpang. Apabila penerbangan ekstra memang diperlukan, maka tentu hal tersebut akan dilakukan.

Baca juga: Pastikan arus mudik Nataru lancar, PUPR Kalteng siagakan 21 posko dan alat berat

Dia mengatakan, karena pandemi yang masih belum benar-benar berakhir, maka di bandara tetap melakukan penerapan prokes COVID-19 dengan 3M, yakni menjaga jarak, mencuci tangan dan memakai masker.

Mengantisipasi lonjakan penumpang di masa Nataru, pihaknya bersama pemerintah provinsi serta instansi terkait lainnya, juga telah menggelar posko terpadu di area selasar keberangkatan.

"Dengan dibukanya posko terpadu Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, harapan kita semua arus mudik berjalan dengan selamat, aman dan nyaman," ucapnya.

Baca juga: Bulog Kalteng tegaskan ketersediaan beras aman hadapi Natal-Tahun Baru

Baca juga: Jelang libur Nataru, masyarakat diimbau beli tiket jauh-jauh hari

Baca juga: Beras subsidi Pemprov Kalteng habis 3,5 ton dalam sehari

Pewarta : Muhammad Arif Hidayat
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024