Kuala Kurun (ANTARA) - Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Jaya S Monong mendorong PT Smart Cakrawala Aviation atau Smart Aviation, membuka rute penerbangan Kuala Kurun-Palangka Raya pulang pergi (PP).

Keberadaan rute penerbangan Kuala Kurun-Palangka Raya PP diharap bisa menjadi alternatif bagi masyarakat Gunung Mas yang ingin melakukan perjalanan ke Palangka Raya, ucapnya saat rapat rencana pembukaan rute di Kuala Kurun, Jumat.

“Selama ini masyarakat (Gunung Mas) lewat (jalur) darat jika bepergian ke Palangka Raya. Jadi kalau ada rute penerbangan masyarakat bisa memilih jalur udara,” sambungnya.

Dalam rapat tersebut Jaya bersama Forkopimda memberi saran dan masukan kepada Smart Aviation, yakni terkait harga tiket serta jadwal penerbangan.

Dalam menentukan harga tiket, tutur orang nomor satu di lingkup Pemerintah Kabupaten Gunung Mas ini, Smart Aviation disarankan membandingkan dengan biaya yang dikeluarkan masyarakat jika menggunakan jalur darat.

Untuk awal, Smart Aviation disarankan memberi promosi harga tiket. Namun ke depan tetap harus memperhatikan break even point (BEP) atau titik impas, jika membuka rute penerbangan Kuala Kurun-Palangka Raya PP.

Baca juga: Legislator Gunung Mas minta persyaratan KGP gencar disosialisasikan

Sementara itu, Direktur Smart Aviation, Fransiskus mengatakan, berdasarkan rapat kali ini dapat disimpulkan pembukaan rute penerbangan Kuala Kurun-Palangka Raya PP sangat memungkinkan.

Rute penerbangan bisa menjadi alternatif bagi masyarakat Gunung Mas yang ingin bepergian ke Palangka Raya. Terlebih jalur udara bebas dari macet dan lebih cepat jika dibandingkan jalur darat.

Awalnya harga tiket dipatok sekitar Rp1 juta. Namun segala saran dan masukan selama pelaksanaan rapat, akan menjadi bahan pertimbangan bagi Smart Aviation untuk menghitung kembali harga tiket.

“Pertemuan ini adalah yang pertama. Saya sangat menghargai pertemuan seperti ini, jadi saya banyak mendapat masukan yang penting untuk menentukan keputusan seperti jam dan hari (penerbangan), serta harga (tiket),” kata Fransiskus.

Untuk diketahui, saat ini Bandar Udara Kuala Kurun memiliki rute penerbangan Kuala Kurun-Banjarmasin atau sebaliknya, seminggu sekali setiap Jumat. Harga tiket Kuala Kurun-Banjarmasin senilai Rp322.480 sedangkan Banjarmasin-Kuala Kurun senilai Rp416.810.

Baca juga: GOR baru diharapkan jadi pemacu semangat berolahraga masyarakat Gumas

Baca juga: DPRD Gunung Mas dorong pelajar ikuti sekolah kedinasan

Baca juga: DPRD Gumas ingatkan pemda batasi penggunaan jalan oleh angkutan PBS


Pewarta : Chandra
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024