Pangkalan Bun (ANTARA) -
Penjabat Bupati Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah Budi Santosa memimpin apel pergeseran personel dan logistik pemilihan kepala desa (pilkades) serentak tahun 2023.
 
"Apel ini dilaksanakan untuk mengecek personel pengamanan baik itu dari pemerintah, Polri dan TNI, dalam melaksanakan tugas pengamanan khususnya di tempat pemungutan suara (TPS) yang rencananya dilaksanakan 26 Oktober 2023," kata Budi Santosa di Pangkalan Bun, Senin.
 
Budi mengatakan, pilkades serentak dilaksanakan di 36 desa yang terdiri 90 tempat pemungutan suara dari 6 kecamatan.
 
Dengan rincian Kecamatan Arut Selatan sebanyak 5 desa, Kotawaringin Lama sebanyak 12 desa, Arut Utara 8 desa, Pangkalan Lada 1 desa, dan Pangkalan Banteng 5 desa.
 
Dia menyebutkan, pada pilkades serentak ini pihaknya telah menyiapkan sebanyak 180 personel pengamanan di TPS dan termasuk Linmas sebanyak 360 personel.
 
"Yang nantinya di setiap masing-masing TPS dilakukan pengamanan oleh satu personel dari Polri, satu personel TNI dan 2 personel Linmas," terangnya.

Baca juga: Jalan sehat HUT ke-59 Partai Golkar di Kobar bertabur hadiah
 
Pj Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) ini berpesan, kepada aparat keamanan, untuk mengutamakan netralitas dengan tidak turut serta dalam bentuk apapun dalam mendukung calon kepala desa.
 
Budi juga meminta, agar selalu waspada dalam pelaksanaan pengamanan dan pengawalan kotak suara hasil pilkades dari TPS ke PPKD, baik terhadap diri sendiri dan juga masyarakat di lokasi.
 
"Laksanakan pengamanan ini dengan tegas, waspada namun tetap humanis, dan selalu berikan pelayanan yang baik untuk masyarakat," ucapnya.
 
Melihat pentingnya hal tersebut, Budi menyampaikan, masyarakat diminta untuk berpartisipasi penuh, guna menyukseskan pilkades.
 
"Saya berharap kegiatan pilkades pada tahun ini bisa berjalan aman, tertib, lancar dan kondusif. Partisipasi masyarakat itu sangat penting dalam mendukung suksesnya pilkades serentak 2023," demikian Budi Santoso.

Baca juga: Pelestarian koleksi Istana Mangkubumi manfaatkan teknologi digital

Baca juga: Gebyar Dirgantara momen kenalkan olahraga dirgantara ke masyarakat Kobar

Baca juga: Pj Bupati Kobar: Para santri harus jadi motor penggerak kemajuan bangsa

Pewarta : Safitri R.A
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024