Kuala Kurun (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas), Kalimantan Tengah, menganggarkan Rp3 miliar untuk melakukan peningkatan ruas jalan Kelurahan Tumbang Marikoi menuju Desa Tumbang Mahuroi Kecamatan Damang Batu.
 
Bupati Gumas Jaya S Monong saat dihubungi dari Kuala Kurun, Sabtu, mengatakan anggaran tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kabupaten tahun anggaran 2024.
 
“Peningkatan ruas jalan Kelurahan Tumbang Miri Kecamatan Kahayan Hulu Utara menuju Kelurahan Tumbang Marikoi Kecamatan Damang Batu telah dilakukan melalui proyek tahun jamak atau multiyears. Tahun ini akan dilanjutkan dengan peningkatan dari Tumbang Marikoi menuju Tumbang Mahuroi,” sambung dia.
 
Orang nomor satu di lingkup Pemkab Gumas ini menjelaskan, proyek multiyears peningkatan ruas jalan penghubung Tumbang Miri-Tumbang Marikoi memiliki nilai pagu anggaran sekitar Rp45 miliar.
 
Proyek tahun jamak tersebut akan dilanjutkan dengan peningkatan ruas jalan, dalam hal ini pengerasan ruas jalan, dari Tumbang Marikoi menuju Tumbang Mahuroi dengan anggaran sekitar Rp3 miliar.
 
“Informasi terakhir yang saya terima peningkatan ruas jalan Tumbang Marikoi-Tumbang Mahuroi prosesnya sudah masuk masa lelang, Mudah-mudahan lelangnya sudah selesai,” beber Jaya.

Baca juga: Tiga desa di wilayah Damang Batu Gunung Mas akhirnya dialiri listrik PLN
 
Dia juga telah mengusulkan kepada Tim Anggaran Pemkab Gumas, untuk terus melakukan peningkatan ruas jalan Tumbang Marioki-Tumbang Mahuroi, hingga ruas jalan tersebut mulus beraspal.
 
Di sisi lain, Pemkab Gumas tidak hanya berupaya meningkatkan jalan di wilayah Kecamatan Damang Batu, namun akan melakukan penanganan terhadap salah satu jembatan yang ada di kecamatan setempat yakni Jembatan Maraya.
 
Secara keseluruhan, tutur dia, Pemkab Gumas akan melakukan perbaikan terhadap empat jembatan yakni Sei Rawi II dan Sei Miwan di Kecamatan Kurun, Sei Rasau di Kecamatan Rungan, dan Maraya.
 
“Mohon dukungan dari seluruh pihak, termasuk masyarakat, supaya semua pembangunan di wilayah Gumas dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar,” demikian Jaya.
 
Baca juga: Bupati Gumas: Pengajaran ala Pak Kasur langkah transisi PAUD ke SD

Baca juga: Guna menunjang pelaksanaan tugas, Kades se-Gumas dapat motor dinas

Baca juga: Hari Raya Haring Kaharingan harus perkokoh kebersamaan di Gumas

Pewarta : Chandra
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024