Kuala Kurun (ANTARA) -
Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Jaya S Monong mengatakan tiga desa di wilayah Kecamatan Damang Batu akhirnya bisa merasakan layanan listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN).
 
Tiga desa yang dimaksud yakni Tumbang Posu, Tumbang Maraya, dan Lawang Kanji, kata Bupati Gumas saat dihubungi awak media dari Kuala Kurun, Sabtu.
 
“Peresmian masuknya layanan listrik dari PLN ke tiga desa tersebut telah dilakukan dan peresmian dipusatkan di Tumbang Maraya,” sambung dia.
 
Kehadiran layanan listrik PLN di berbagai desa/kelurahan di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’, termasuk di Tumbang Posu, Tumbang Maraya, dan Lawang Kanji, sudah diupayakan sejak beberapa tahun lalu.
 
Namun semua itu tidak semudah membalikkan telapak tangan, sehingga memerlukan proses dan waktu. Walau demikian, dia bersyukur akhirnya layanan listrik PLN sudah bisa dirasakan di Tumbang Posu, Tumbang Maraya, dan Lawang Kanji.

Baca juga: Bupati Gumas: Pengajaran ala Pak Kasur langkah transisi PAUD ke SD
 
Itu semua tak lepas berkat sinergi dan kerja sama yang baik antara pemerintah hingga tingkat kecamatan, desa, PLN, serta masyarakat di tiga desa tersebut.
 
“Masyarakat ikut berperan di mana ada yang merelakan pohon milik yang bersangkutan ditebang atau dipangkas, sehingga tiang listrik serta jaringan bisa terpasang. Jadi sekali lagi, terima kasih atas kerja sama kita,” ucap Jaya.
 
Dia pun mengimbau masyarakat agar memanfaatkan layanan resmi dari PLN, jika ingin melakukan sambung listrik baru. Itu semua demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti penipuan dan lainnya.
 
Lebih lanjut, dari 12 ibu kota kecamatan yang ada di Gumas, 11 sudah teraliri listrik PLN. Satu ibu kota kecamatan yang belum teraliri listrik PLN adalah Kelurahan Tehang Kecamatan Manuhing Raya.
 
“Kabar baik bagi masyarakat di Tehang dan sekitarnya, dalam waktu dekat layanan listrik PLN juga akan segera masuk di sana,” demikian Jaya.

Baca juga: Guna menunjang pelaksanaan tugas, Kades se-Gumas dapat motor dinas

Baca juga: Hari Raya Haring Kaharingan harus perkokoh kebersamaan di Gumas

Baca juga: Berikut syarat calon perseorangan Pilkada Gunung Mas 2024

Pewarta : Chandra
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024