Kuala Kapuas (ANTARA) - Seorang siswi dari Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, terpilih untuk mengikuti seleksi calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Nasional 2024.

Ia bernama Aurelia Ozora Karambut yang merupakan siswi kelas X, SMA Negeria 1 Kuala Kapuas. Ia terpilih setelah menjalani sejumlah rangkaian seleksi yang ketat calon Paskibraka di tingkat Provinsi Kalteng, kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kapuas, Yunabut melalui Kabid Bina Ideologi, Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa, Nanang Taufik, Selasa.

"Perwakilan Kapuas atas nama Aurelia Ozora Karambut terpilih ikut seleksi calon Paskibraka tingkat nasional. Dia menjadi salah satu dari 6 orang perwakilan Kalteng yang terdiri dari 3 laki-laki dan 3 perempuan,” katanya.

Jadwal seleksi calon Paskibraka tingkat Nasional 2024 masih menunggu informasi lebih lanjut, sehingga masih ada waktu untuk terus mempersiapkan diri.

Baca juga: Pj Bupati minta seluruh parpol semakin optimal dukung kegiatan pilkadadi Kapuas

"Seleksi nasional masih menunggu pemberitahuan dari Badan Pembina Idelogi Pancasila (BPIP) Jakarta, diperkirakan pertengahan Juni. Rencana lokasinya di Cibubur, Jakarta," tambahnya.

Kabupaten Kapuas sendiri, telah mengirimkan 4 empat orang perwakilan untuk ke Paskibraka tingkat Kalimantan Tengah, terdiri dari dua perempuan dan dua laki-laki. Mereka adalah Ahmad Raisa Febrisa Faradais, Aurelia Ozora Karambut, Hero Efelino Hananto dan Nuriyah Millisany yang sebelumnya menjadi yang terbaik setelah menjalani seleksi di tingkat kabupaten.

Peserta menjalani sejumlah rangkaian seleksi diantaranya Tes Wawasan Kebangsaan atau TWK, Tes Intelegensia Umum (TIU), tes kepribadian, psikotes, kesehatan, parade, peraturan baris berbaris (PBB) dan kesamaptaan. 

"Harapan kita, semoga perwakilan Kapuas dapat mengikuti setiap tahapan seleksi dengan baik dan dapat terpilih sebagai Paskibraka tingkat Provinsi Kalteng dan nasional serta dapat menjaga nama baik Kabupaten Kapuas," demikian Nanang Taufik.

Baca juga: 52 instansi di Kapuas ramaikan Bupati Cup III

Baca juga: JCH Kapuas siap diberangkatkan ke tanah suci

Baca juga: Ratusan anggota Pramuka antusias kunjungi Disarpustaka Kapuas


Pewarta : All Ikhwan
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024