Buntok (ANTARA) - Lima fraksi pendukung DPRD Barito Selatan, Kalimantan Tengah menyepakati Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045 dibahas pada tahap selanjutnya.

"Hal tersebut disampaikan juru bicara masing-masing fraksi dalam rapat paripurna pemandangan umum fraksi pendukung dewan," kata Wakil Ketua DPRD Barito Selatan, Nyimas Artika usai memimpin rapat tersebut di Buntok, Selasa.

Ia menerangkan, lima fraksi pendukung dewan itu yakni PDIP, Golkar, PKB, NasDem, PPP dan Gerakan Demokrasi Amanat Keadilan.

Dikatakannya, sesuai jadwal hasil rapat badan musyawarah, pembahasan terhadap Raperda RPJPD tersebut akan dilaksanakan pada Juni 2024 ini.

Sementara itu Penjabat Bupati Barito Selatan, Deddy Winarwan mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pimpinan dan anggota DPRD yang telah menerima raperda ini untuk dibahas ditahap selanjutnya itu.

Baca juga: Wakil Ketua DPRD Barsel apresiasi kinerja penjabat bupati

"Materi raperda ini akan dibahas oleh panitia khusus sesuai mekanisme dan tata tertib yang telah ditetapkan DPRD," terangnya.

Deddy Winarwan berharap, Raperda RPJPD ini nantinya dapat disahkan menjadi peraturan daerah (Perda) tepat pada waktunya, sehingga pada saat penetapan calon kepala daerah pada 27 Agustus 2024 nantinya, peraturan daerah ini dapat menjadi acuan bagi calon kepala daerah dalam menyusun visi, dan misinya lima tahun ke depan.

Hal itu sesuai dengan instruksi Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 1/2024 tentang pedoman penyusunan RPJPD.

Ia menjelaskan, dalam instruksi tersebut mengamanatkan bahwa perda tentang RPJPD menjadi acuan bagi seluruh bakal calon kepala daerah yang mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 untuk menyusun visi dan misinya masing-masing.

Acara rapat paripurna ke-5 masa sidang II yang berlangsung di Graha Paripurna DPRD Barito Selatan tersebut dihadiri sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) setempat.

Baca juga: Berikut lima sasaran utama pembangunan Barito Selatan dalam RPJPD

Baca juga: DPRD Barsel: Pemantauan rutin bapok penting untuk dilaksanakan

Baca juga: DPRD Barsel ajak masyarakat pacu semangat gotong royong majukan daerah


Pewarta : Bayu Ilmiawan
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024