Pangkalan Bun (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah Budi Santosa menyatakan bahwa sebagai organisasi pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga, PKK memiliki peran strategis dalam mendorong terwujudnya keluarga yang sejahtera, bahagia, maju, dan mandiri.

Pernyataan itu disampaikan Budi Santoso saat menghadiri sekaligus membuka Jambore Kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ke-4 tahun 2024 se-Kotawaringin Barat, di Pangkalan Bun, Rabu. 

"Melalui peran aktif kader PKK di setiap tingkatan, kita dapat menggerakkan berbagai program pemberdayaan yang berdampak langsung pada peningkatan kualitas hidup keluarga dan masyarakat," tambahnya.

Dikatakan, kegiatan Jambore Kader PKK merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan oleh TP PKK secara berjenjang dari tingkat kabupaten, provinsi, hingga nasional. Tahun ini Jambore Kader PKK mengangkat tema “Bergerak Bersama PKK, Mewujudkan Keluarga Sejahtera Menuju Kobar Jaya dan Indonesia Maju.

Budi Santosa pun berpesan kepada para kader PKK untuk meningkatkan kapasitas diri, menunjukkan kreativitas dan inovasi, serta memperluas jangkauan program-program PKK untuk menyentuh seluruh lapisan masyarakat. Sebab, menurut dirinya, tugas dan tanggung jawab sebagai kader PKK sangat mulia dan berperan penting dalam memberdayakan keluarga dan masyarakat.

Baca juga: Luncurkan Pilkada Kobar 2024, KPU siap jalankan seluruh tahapan

"PKK juga berperan dalam meningkatkan kesejahteraan, serta menjaga ketahanan dan ketangguhan sosial di tengah perkembangan zaman yang semakin dinamis, oleh karena itu, keberadaan dan dedikasi kader PKK harus terus diperkuat dan dipertahankan," ujarnya.

Pj Bupati Kobar itu pun berharap kegiatan lomba Jambore Kader PKK ini menjadi ajang untuk saling berbagi pengalaman dan memperkuat solidaritas antar kader PKK.

"Dengan semangat gotong royong dan kebersamaan, saya yakin organisasi PKK akan semakin kuat dan mampu berkontribusi secara optimal bagi pembangunan di kabupaten Kotawaringin Barat," demikian Budi Santosa.

Baca juga: Pj Bupati tekankan pentingnya netralitas penyelenggara pemilu di Pilkada 2024

Baca juga: Pemkab Kobar alokasikan insentif untuk 415 tokoh agama

Baca juga: Dishub Kobar ingatkan angkutan tidak bongkar muat di tepi jalan

Pewarta : Safitri RA
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024