Kuala Kapuas (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpustaka) setempat, menyerahkan seratus judul buku kepada Kwartir Ranting (Kwaran) Gerakan Pramuka Kecamatan Kapuas Hulu. 
 
“Seratus judul buku yang saya serahkan kepada perpustakaan keliling (perpusling) Kapuas Hulu karena keberadaannya dalam tiga tahun terakhir aktif mendatangi pemustaka dari desa ke desa, menggunakan mobil pikup yang telah diubah menjadi mobil perpusling," kata Kepala Disarpustaka Kapuas, Suwarno Muriyat di Kuala Kapuas, Selasa. 
 
Hal itu disampaikannya, usai pelaksanaan penutupan Rapat Kerja Cabang (Rakercab) Pramuka di ruang Huma Betang Bukit Ngalangkang Kuala Kapuas. 
 
Salah satu rekomendasi dari Rakercab Pramuka yang dibuka oleh Kamabicab Kak Erlin Hardi itu adanya kerja sama Pramuka dengan Disarpustaka Kapuas sebagai upaya peningkatan budaya baca anggota Pramuka.

Baca juga: Pemkab Kapuas sosialisasikan tata cara pengaduan dugaan perusak lingkungan
 
Dia menambahkan jika dalam waktu dekat akan melakukan hal serupa bagi Kwaran se-Kwarcab Kapuas sehingga budaya literasi pemustaka Pramuka semakin meningkat.
 
Sementara itu, Ketua Kwaran Pramuka Kapuas Hulu, Yanset Ferianto, merasa terharu dan menyampaikan terima kasihnya atas bantuan buku yang sudah lama ia dambakan untuk menambah koleksi.
 
 “Perpusling Kwaran Kapuas Hulu telah berdiri sejak pertengahan 2021 yang diresmikan oleh Kak Suwarno Muriyat saat masih menjabat Kadisdik Kapuas," terangnya.

Kehadiran perpusling yang rutin mendatangi sejumlah desa di sekitar Sungai Hanyo itu selalu dinanti oleh para pemustaka pelajar. Adanya penambahan ratusan buku bacaan ini tentunya disambut baik oleh pemustaka pelajar dan masyarakat Kapuas Hulu.

Baca juga: ASN Pemkab Kapuas diingatkan bekerja jujur dan ikhlas

Baca juga: Pengurus Pramuka kwarcap Kapuas diminta lebih maksimal membina generasi muda

Baca juga: Pemkab Kapuas optimalkan Forum Konsultasi Publik untuk tingkatkan pelayanan

Pewarta : All Ikhwan
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024