Kuala Kapuas (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah, Erlin Hardi berpesan kepada seluruh pengurus Gerakan Pramuka Kwartir Cabang setempat, agar berbagai kegiatan yang dilaksanakan harus selalu dimaksimalkan sebagai upaya meningkatnya pembinaan terhadap generasi muda.

Melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat menambah warna baru dalam pembangunan kepemudaan yang ada di kabupaten ini, kata Pj Bupati Erlin Hardi saat memberikan sambutan pada acara Rapat Kerja Cabang (Rakercab) Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kapuas tahun 2024, bertempat di Rumah Betang, Lapangan Bukit Ngalangkang Kuala Kapuas, Jumat. 

"Pramuka ini kan juga membentuk karakter anak-anak muda yang tentunya mengarah ke hal yang positif. Itulah kenapa diharapkan nantinya dari berbagai kegiatan yang dilaksanakan, dapat menambah warna di pembangunan kepemudaan," ucapnya.

Selain itu, menurut dirinya, berbagai kegiatan Pramuka dapat dijadikan sebagai media dalam memantapkan diri untuk benar-benar tampil menjadi pemimpin di setiap komunitas termasuk pemimpin di ranah publik dan pemerintahan. Pemkab Kapuas akan mendukung seluruh kegiatan yang ada di kepramukaan.

Pj Bupati Kapuas itu pun memastikan bahwa pemkab akan selalu berupaya memperhatikan sarana dan prasarana, baik itu infrastruktur maupun bangunan-bangunan yang ada dan yang diperlukan.

"Saya berharap kepada seluruh anggota Pramuka agar kiranya dapat selalu bersemangat dan bersinergi dalam melaksanakan kewajibannya," kata Erlin.

Sementara itu, Ketua Pramuka Kwarcab Kapuas, Suwarno Muriyat, mengatakan sejak tahun 2022 sampai dengan 2023 banyak hal yang sudah dilakukan dalam rangka membangun karakter anak, pemuda, dan dewasa yang ada di daerah setempat. Untuk itu, diharapkan perhatian dari Pemkab Kapuas dalam mendukung seluruh kegiatan yang ada.

Baca juga: Pemkab Kapuas optimalkan Forum Konsultasi Publik untuk tingkatkan pelayanan

Apalagi, lanjut dia, pihaknya telah mengunjungi semua kecamatan yang ada di Kabupaten Kapuas untuk memberikan kursus mahir dasar pramuka, karena peningkatan kualitas pramuka itu diawali oleh para Pembina dan Pelatih.

"Kedepan pastinya dengan didukung oleh Kamabicab akan semakin memajukan gerakan pramuka yang ada di Kapuas," demikian Suwarno Muriyat.

Setelah dibuka secara langsung oleh Erlin Hardi, acara kemudian dilanjutkan dengan pengalungan tanda peserta secara simbolis kepada perwakilan peserta Rakercab dan diakhiri dengan foto bersama.

Turut hadir dalam Acara Pembukaan Rakercab Gerakan Pramuka Kwarcab Kapuas tahun 2024 tersebut, Ketua Pusat Pendidikan dan Pelatihan Cabang (Pusdiklatcab), Candra Sri N, dan Ketua Dewan Kehormatan, Heribowo, serta dihadiri oleh Pembina dan Pelatih Andalan, anggota Pramuka Penegak dan Pandega, serta para undangan lainnya.

Baca juga: Pokja Bunda PAUD di Kapuas diingatkan lebih aktif jalankan program kerja

Baca juga: Pemkab Kapuas petakan tugas percepatan penurunan stunting

Baca juga: Pemkab Kapuas susun arsitektur dan peta rencana SPBE

Pewarta : All Ikhwan
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024