Kuala Kapuas (ANTARA) -
Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpustaka) Kabupaten Kapuas, mendapat kunjungan Dinas Perpustakaan dan Arsip (Disperpusip) Kalimantan Tengah dan Disarpustaka Kabupaten Pulang Pisau.
 
“Di hari yang sama namun waktu berbeda, saya menerima kunjungan Dispursip Kalteng dipimpin Maryani, selaku Kasubbag Keu dan Aset, dan Kabid Binwas Kearsipan Disarpustaka Pulang Pisau, sejumlah kasi dan staf,” kata Kepala Disarpustaka Kapuas, Suwarno Muriyat di Kuala Kapuas.
 
Untuk kunjungan Dispursip Kalteng, pihaknya ingin mengevaluasi sejumlah data perpustakaan. Sedangkan Kabid Binwas Kearsipan Disarpustaka Pulang Pisau, ingin berkonsultasi tentang pengawasan kearsipan internal dan eksternal.
 
Terungkap dalam diskusi yang berlangsung penuh kekeluargaan sejumlah kiat dalam pengukuran Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) dan Tingkat Gemar Membaca (TGM), yang merupakan Indikator Kinerja Kunci (IKK) urusan perpustakaan dan menjadi capaian targetkan pemerintah.
 
Keberadaan perpustakaan khusus sebagai pelengkap dari yang umum baik di tingkat sekolah, desa, kecamatan dan kabupaten memerlukan komitmen dan strategi pengelolaan agar dapat meningkatkan IPLM dan TGM.
 
“Prestasi yang baru saja diraih Kapuas sebagai Penyelenggaraan Kearsipan Kinerja Terbaik di Kalteng dengan nilai Hasil Pengawasan Kearsipan Kategori “BB” (Sangat Baik), menjadi alasan kami ke sini untuk belajar,” kata Kabid Binwas Kearsipan Disarpustaka Pulang Pisau, Erick Abdul Baried.

Baca juga: Sebanyak 171 Kades di Kapuas di kukuhkan perpanjangan masa jabatan
 
Bahkan, tambahnya, yang didampingi Rhomay Noor, Purnomo Agus dan Rahmat Marzuki, pengelolaan dan pengawasan kearsipan Kapuas dijadikan percontohan agar ke depan Pulang Pisau dapat memiliki prestasi yang sama.
 
“Mudah-mudahan ke depan Kabupaten Pulang Pisau dapat memiliki prestasi yang sama dengan Kabupaten Kapuas,” demikian Erick Abdul Baried.

Baca juga: Gubernur Kalteng restui Alfian Mawardi untuk maju Pilkada Kapuas 2024

Baca juga: Pj Bupati Kapuas: Sektor UMKM berkontribusi besar pada perekonomian daerah

Baca juga: Guru PPPK di Kapuas harus selalu berinovasi dalam metode mengajar

Pewarta : All Ikhwan
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024