Kuala Kurun (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah mendukung penuh pelaksanaan tiwah massal di Desa Tangki Dahuyan Kecamatan Manuhing, karena ritual tersebut turut menunjang pariwisata di kabupaten setempat.

Tiwah massal hendaknya dapat terus dipertahankan dan dilaksanakan secara berkelanjutan di tahun-tahun mendatang, kata Penjabat Bupati Gumas Herson B Aden melalui Pelaksana Tugas Asisten II Setda Champili, saat dihubungi dari Kuala Kurun, Kamis.

“Tiwah memiliki potensi atau daya tarik wisata, yang bisa menarik kedatangan wisatawan lokal maupun mancanegara,” sambung dia.

Selain itu, tutur dia, tiwah merupakan kegiatan keagamaan yang merupakan kekayaan budaya dan warisan leluhur, khususnya umat Hindu Kaharingan. Ritual tersebut perlu dijaga kelestariannya, supaya tidak hilang ditelan zaman.

Terlebih, di era globalisasi saat ini, di mana teknologi semakin berkembang. Perkembangan ini membawa kemudahan akses informasi, sehingga berdampak pada perubahan terhadap kebudayaan.

Baca juga: Pemkab Gumas berharap program Pesiar BPJS Kesehatan tingkatkan keaktifan peserta

Menurut dia, dewasa ini tidak sedikit masyarakat yang mulai meninggalkan gaya hidup yang dianggap ketinggalan zaman, sehingga sedikit demi sedikit warisan leluhur mulai terkikis.

“Oleh sebab itu, Pemkab Gumas mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama menjaga warisan leluhur, salah satunya adalah ritual tiwah,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Gumas Hansli Gonak menyampaikan, pada tahun 2024 ini ada tiga agenda tiwah massal yang dilaksanakan di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’.

Tiga agenda tiwah massal yang dimaksud yakni di Kelurahan Tampang Tumbang Anjir Kecamatan Kurun yang telah dilaksanakan, di Tangki Dahuyan yang saat ini dilaksanakan, serta di Desa Hujung Pata Kecamatan Rungan Barat di mana pelaksanaan tabuh akan dilakukan pada Oktober 2024.

“Ada 40 lebih arwah yang ditiwahkan pada pelaksanaan tiwah massal di Tangki Dahuyan. Tabuh pertama sudah dilaksanakan pada Senin (8/7),” demikian Hansli Gonak.

Baca juga: NasDem-Hanura DPRD Gumas ingin nilai bantuan keuangan parpol dinaikkan

Baca juga: FGKB DPRD Gumas dorong kenaikan nominal bantuan bedah rumah

Baca juga: PDIP DPRD Gumas tekankan pentingnya infrastruktur tunjang pariwisata


Pewarta : Chandra
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024