Kuala Kurun (ANTARA) -
Penjabat (Pj) Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Herson B Aden mengingatkan sekaligus meminta pihak sekolah aktif melakukan pemutakhiran Data Pokok Pendidikan (Dapodik).
 
Sebab Dapodik dibutuhkan untuk berbagai macam perencanaan, termasuk pembenahan sarana prasarana (sarpras) yang ada di sekolah, ucapnya saat dihubungi awak media dari Kuala Kurun, Selasa.
 
“Memang banyak berbagai kekurangan yang harus kita perbaiki, dari sisi sarpras. Kami mengharapkan nantinya sekolah aktif dalam pengisian Dapodik, khususnya Dapodik terkait sarpras,” sambung dia.
 
Untuk diketahui, Herson meninjau kegiatan belajar mengajar (KBM) dan kondisi sarpras di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 Kuala Kurun dan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kuala Kurun pada Senin (15/7).
 
Dari pantauan dan diskusi yang dilakukan dengan kepala sekolah, guru, serta Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Gumas, dua sekolah tadi memang masih memerlukan tambahan sarpras guna menunjang KBM.
 
“Misalnya ruang guru, dan lainnya. Itu juga harus dipenuhi, karena kalau guru merasa nyaman dan enak, maka yang bersangkutan bisa memberikan yang terbaik bagi peserta didik,” kata dia.

Baca juga: Pj Bupati Gumas: Pendidikan karakter harus terus diperkuat sejak SD
 
Dia berharap nantinya ada bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Pemerintah Pusat untuk membenahi dan melengkapi sarpras di sekolah-sekolah yang ada di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’.
 
Selebihnya, sambung dia, Pemkab Gumas yang nantinya menganggarkan kebutuhan terhadap sarpras di sekolah-sekolah pada tahun-tahun anggaran selanjutnya. Tentunya disesuaikan kondisi keuangan daerah.
 
Sementara itu, Kepala SDN 3 Kuala Kurun Belie mengatakan sekolah tersebut aktif melakukan pemutakhiran Dapodik. Pemutakhiran aktif dilakukan secara rutin setiap tahun.
 
“Untuk sarpras, SDN 3 Kuala Kurun memang masih memerlukan dukungan, seperti penambahan ruangan, penataan lingkungan sekolah, dan lainnya. Semoga nantinya ada dapat DAK,” demikian Belie.

Baca juga: WHDI Gumas diminta konsisten selalu hadir di tengah masyarakat

Baca juga: Gunung Mas tampilkan potensi daerah di Apkasi Otonomi Expo 2024

Baca juga: Legislator Gumas soroti muatan angkutan saat melintasi jembatan

Pewarta : Chandra
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024