Kuala Kurun (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Herson B Aden mengapresiasi para guru di Sekolah Dasar (SD) Negeri 3 Kuala Kurun, yang dinilai telah mempersiapkan pendidikan karakter peserta didik dengan baik.

Pendidikan karakter bagi peserta didik sangat penting dan harus terus diperkuat mulai jenjang atau tingkat SD, kata Herson usai memantau kegiatan belajar mengajar (KBM) di SD Negeri 3 Kuala Kurun, Senin.

"Pendidikan karakter utama berada pada tingkat SD. Ini akan menentukan take off-nya peserta didik dari pendidikan karakter yang dilakukan di Sekolah Menengah Pertama (SMP)," sambung dia.

Sebelum memantau KBM ke SDN 3 Kuala Kurun, Herson juga menyempatkan diri memantau KBM di SMP Negeri 1 Kuala Kurun. Di SMP tersebut KBM juga berjalan dengan baik.

Dia berharap guru SMP mampu menjalankan tugas dengan baik, mempertahankan bahkan meningkatkan kedisiplinan. Begitu juga dengan peserta didik yang diharap selalu disiplin. Sebab, pendidikan di tingkat SMP sangat menentukan kelanjutan pendidikan peserta didik, baik ke jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat bahkan hingga perguruan tinggi.

Baca juga: Gunung Mas tampilkan potensi daerah di Apkasi Otonomi Expo 2024

"Mengingat pendidikan SMP sangat menentukan karier mereka ke depan. Jadi, pelajaran-pelajaran dasar di jenjang SMP harus betul-betul disiapkan oleh para guru," demikian Herson.

Untuk diketahui, KBM peserta didik baru tingkat SD dan SMP di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’ dimulai pada Senin (15/7). Sebelumnya sekolah melakukan berbagai tahapan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), sejak 12-18 Juni 2024.

Pengumuman hasil seleksi PPDB dilakukan pada 19 Juni 2024, daftar ulang dilakukan mulai 20-22 Juni 2024, persiapan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dimulai 8-9 Juli 2024, dan MPLS dilakukan mulai 10-12 Juli 2024.

Baca juga: WHDI Gumas diminta konsisten selalu hadir di tengah masyarakat

Baca juga: Pemkab Gumas berharap program Pesiar BPJS Kesehatan tingkatkan keaktifan peserta

Baca juga: Pemkab Gunung Mas ajukan Raperda RPJPD 2025-2040

Pewarta : Chandra
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024