Kuala Kapuas (ANTARA) - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, resmi meluncurkan aplikasi Cash Management System (CMS) bekerja sama dengan PT Bank Kalteng perwakilan Kuala Kapuas.

“Peluncuran aplikasi CMS ini merupakan langkah inovatif yang bertujuan untuk meningkatkan transparansi dan efisien dalam pengelolaan keuangan di tingkat desa,” kata Kadis PMD Kabupaten Kapuas, Budi Kurniawan, usai kegiatan, Kamis.

Apalikasi CMS ini, lanjutnya, dirancang untuk mempermudah pengelolaan keuangan desa dengan system yang terintegrasi dan berbasis digital.

“Dengan adanya aplikasi CMS ini, diharapkan pengelolaan keuangan desa dapat dilakukan secara lebih akuntabel dan transparan,” terangnya.

Selain itu juga, sambungnya, inovasi ini juga dapat mengurangi potensi penyalahgunaan dana, serta memudahkan  dalam proses pelaporan dan pencatatan keuangan.

“Saat ini sudah ada 80 persen atau sekitar 180 desa di Kabupaten Kapuas, yang menggunakan aplikasi CMS ini,” katanya.

Mantan Kepala Dinas Sosial kabupaten setempat ini berharap aplikasi CMS ini dapat menjadi solusi efektif bagi pengelolaan keuangan desa. Untuk itu, semua desa diharapkan sudah menggunakan aplikasi CMS ini.

Baca juga: Satpol PP Kapuas gencarkan sosialisasikan pencegahan kenakalan remaja ke sekolah

“Kami juga berharap dengan adanya aplikasi CMS ini, proses pengelolaan keuangan desa menjadi lebih baik dan dapat dipantau dengan lebih mudah,” harapnya.

Budi menambahkan, sejak dimulainya peluncuran aplikasi tersebut, semua desa yang ada di daerah setempat wajib untuk menggunakan aplikasi CMS ini.

Sementara acara peluncuran aplikasi CMS yang berlangsung di Aula Rumah jabatan Bupati Kapuas, selain dihadiri Kadis PMD Kapuas, Budi Kurniawan, juga dihadiri Asisten I Setda Kapuas Romulus, Kepala Bank Kalteng Cabang Kuala Kapuas, Muhammad Rifai.

Asisten I Setda Kapuas Romulus, mengatakan peluncuran aplikasi CMS ini adalah langkah penting dalam memajukan tata kelola keuangan desa.

“Ini adalah momen bersejarah bagi kabupaten setempat. Dengan aplikasi CMS ini, saya berharap dapat meningkatkan akuntabilitas dan efisiensi dalam pengelolaan keuangan desa,” demikian Romulus.

Dalam kegiatan tersebut, juga dilaksanakan penandatangan kerja sama antara DPMD Kabupaten Kapuas dengan PT Bank Kalteng Cabang Kuala Kapuas, dalam rangka program aplikasi CMS tersebut.

Baca juga: DPMD Kapuas dukung Pemdes Pulau Mambulau tingkatkan kemampuan penanganan kebakaran

Baca juga: Erlin Hardi sudah mengajukan pengunduran diri sebagai Pj Bupati Kapuas

Baca juga: Tingkatkan layanan kearsipan, Disarpustaka Kapuas ikuti bimtek SIKN


Pewarta : All Ikhwan
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024