Kuala Kapuas (ANTARA) - Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, melalui Bidang Perlindungan Masyarakat (Linmas) melakukan Sosialisasi Pencegahan Kenakalan Remaja di sejumlah sekolah, salah satunya  MTsN1 Kapuas.

"Melalui sosialisasi ke sekolah-sekolah ini, kami harap anak-anak dan remaja tidak terjerumus pada hal-hal melanggar hukum dan merugikan diri sendiri," kata Kabid Linmas Satpol PP dan Damkar Kabupaten Kapuas, Nazmiannoor, Kamis.

Dikatakan, sosialisasi yang dilakukan ini merupakan sebuah bentuk program kegiatan dimana pencegahan dini terhadap pelanggaran ketertiban dan ketentraman masyarakat.  Selain itu, bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa-siswi mengenai dampak negatif dari perilaku menyimpang dan pentingnya menjaga diri dari berbagai pengaruh buruk.

Nazmiannoor mengatakan dalam kegiatan tersebut, edukasi yang diberikan tentang pengaruh pertemanan, pelanggaran terhadap aksi perundingan (bullying), serta memotivasi untuk terus belajar serta menuntut ilmu untuk dapat meraih cita cita.

Disampaikan juga berbagai bentuk kenakalan remaja yang sering terjadi, seperti perkelahian, penggunaan narkoba, tawuran, serta tindakan kriminal lainnya.

Baca juga: DPMD Kapuas dukung Pemdes Pulau Mambulau tingkatkan kemampuan penanganan kebakaran

"Kami berikan juga contoh-contoh nyata kasus kenakalan remaja yang pernah ditangani, sehingga siswa-siswi dapat lebih memahami seriusnya masalah ini," ucapnya.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan akan tercipta lingkungan sekolah yang aman dan kondusif bagi perkembangan para siswa-siswi. Satpol PP dan Damkar Kabupaten Kapuas berkomitmen untuk terus melakukan sosialisasi serupa di sekolah-sekolah lainnya demi menciptakan generasi muda yang lebih baik.

Satpol PP Kapuas pun sangat berterimakasih kepada kepala sekolah dan guru-guru serta murid MTsN yang sudah menyambut kedatangan Satpol PP dan Damkar Kapuas, dalam melakukan sosialisasi tersebut.

"Terimakasih atas kerjasamanya dan terimakasih atas piagam sertifikat yang diberikan oleh pihak sekolah MTSN Kuala Kapuas kepada kami. semoga kita bersama-sama bisa mencetak anak bangsa yang berguna bagi bangsa dan negara," demikian Nazmiannoor.

Baca juga: Erlin Hardi sudah mengajukan pengunduran diri sebagai Pj Bupati Kapuas

Baca juga: Tingkatkan layanan kearsipan, Disarpustaka Kapuas ikuti bimtek SIKN

Baca juga: KPK dorong Pemkab Kapuas pacu capaian MCP

Pewarta : All Ikhwan
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024