Palangka Raya (ANTARA) -
Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar dialog interaktif pemberdayaan organisasi kemasyarakatan (ormas) yang dikemas dengan acara "Ngopi Itah" yakni ngobrol pintar interaktif, tajam, makin berkah, sebagai salah satu upaya menyukseskan pilkada 2024.

"Dialog ini mengusung tema peran strategis ormas dalam menyukseskan Pilkada Serentak Kalteng tahun 2024," ujar Kepala Badan Kesbangpol Kalteng Katma F. Dirun di Palangka Raya, Rabu.

Katma mengatakan tema yang diangkat dalam dialog kali ini sangat relevan dan penting karena peran sentral ormas dalam mendukung suksesnya pelaksanaan pilkada 2024.

Oleh karena itu, kata dia, Pemprov Kalteng mengajak seluruh elemen masyarakat, terutama organisasi kemasyarakatan agar bersama-sama menciptakan situasi yang kondusif, serta menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi.

"Dalam hal ini, salah satunya dengan mengedepankan kepentingan bersama bagi pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat menjelang pilkada 2024," ujarnya.

Dia menekankan pentingnya strategis organisasi kemasyarakatan dalam memberikan edukasi politik kepada masyarakat, termasuk meningkatkan partisipasi politik, serta memastikan proses demokrasi berjalan dengan aman, tertib, dan damai.

Dia menjelaskan ormas juga berfungsi sebagai jembatan antara pemerintah dan masyarakat dalam menyampaikan aspirasi ataupun kebutuhan rakyat.

"Kami harap dengan dialog interaktif semua dapat saling berbagi pandangan, pengetahuan, dan pengalaman guna menyusun strategi efektif dan efisien untuk menyukseskan pilkada 2024," ujarnya.

Baca juga: Pemprov Kalteng bantu puluhan warga ikuti operasi katarak

Katma menginginkan agar ormas sebagai mitra pemerintah dapat berjalan sinergi dan bekerja sama dengan baik, sehingga membantu pemerintah dalam merumuskan kebijakan efektif dan efisien dalam menyikapi permasalahan sosial kemasyarakatan.

"Mendukung percepatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat, hingga memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa," ujarnya.

Baca juga: Diskominfo Kotim paparkan kendala optimalisasi PPID di daerah

Baca juga: Pemkab Kapuas-OJK tingkatkan literasi keuangan generasi muda

Baca juga: Kakanwil: Penyelenggaraan haji 2024 di Kalteng sukses

Pewarta : Muhammad Arif Hidayat
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024