Kuala Kapuas (ANTARA) - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpustaka) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, dalam waktu dekat akan menyediakan spot baca bagi masyarakat di daerah setempat.

“Program ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca dan memudahkan akses literatur bagi warga Kapuas,” kata Kepala Disarpustaka Kabupaten Kapuas, Suwarno Muriyat, di Kuala Kapuas, Kamis.

Ia menyatakan bahwa program ini merupakan bagian dari upaya untuk mendorong budaya literasi di kalangan masyarakat.

“Kami ingin menciptakan lingkungan yang kondusif bagi semua orang untuk membaca dan belajar,” katanya.

Spot baca, kata mantan Kepala Dinas Pendidikan kabupaten setempat ini, akan terhubung dengan aplikasi i-Kapuas yang telah diluncurkan oleh Penjabat Bupati Kapuas Erlin Hardi pada awal tahun ini dan akan ditempatkan di beberapa lokasi strategis dalam kota Kuala Kapuas.

Baca juga: Distan Kapuas daftarkan beras Siam Ajurna ke Kemenkumham

“Pemustaka dapat membaca ratusan jenis buku kategori untuk anak-anak, novel, hingga literatur akademis secara digital melalui handphone dengan men-scanner Quick Response (QR) Code yang kami sediakan,” terangnya.

Selain itu, sambungnya, pihaknya akan bekerja sama dengan berbagai komunitas untuk mengadakan kegiatan literasi, seperti diskusi buku, workshop menulis maupun kegiatan Transformasi Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS).

“Inisiatif ini disambut baik oleh masyarakat Kapuas. Banyak warga yang berharap spot baca ini dapat menjadi tempat berkumpul yang edukatif dan menyenangkan. Ini adalah langkah positif untuk meningkatkan minat baca, terutama di kalangan anak-anak dan remaja,” tuturnya.

Disarpustaka Kapuas berharap dengan adanya spot baca, masyarakat akan lebih termotivasi untuk menjadikan membaca sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari mereka.

“Semoga berharap spot baca ini, dapat memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya para anak-anak dan remaja di Kapuas,” demikian Suwarno Muriyat.

Baca juga: Bawaslu gandeng PWI Kapuas tingkatkan pengawasan partisipatif

Baca juga: Disarpustaka Kapuas terus perkenalkan mobil perpustakaan keliling ke pelajar

Baca juga: Penjabat Bupati Kapuas ajak masyarakat sukseskan survei indeks harmoni


Pewarta : All Ikhwan
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024