Kuala Kapuas (ANTARA) -
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah Budi Kurniawan meminta pemerintahan desa aktif mendukung dan berpartisipasi menyukseskan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio.
 
“Pentingnya kolaborasi antara pemerintah desa dan dinas terkait untuk memastikan setiap anak di wilayah tersebut mendapatkan imunisasi polio secara lengkap,” kata Budi Kurniawan di Kuala Kapuas, Jumat.
 
Dia menggarisbawahi imunisasi polio adalah langkah krusial untuk melindungi anak-anak dari risiko penyakit polio yang dapat menyebabkan kelumpuhan permanen. Oleh karena itu, partisipasi aktif dari pemerintah desa sangat dibutuhkan dalam mendukung program nasional ini.
 
"Kerja sama dan dukungan dari pemerintah desa sangat penting untuk keberhasilan PIN Polio. Kami berharap semua pihak dapat berperan aktif dalam mensosialisasikan dan memfasilitasi kegiatan imunisasi ini," jelasnya.
 
Lebih lanjut, ia menyampaikan pemerintah desa memiliki peran strategis dalam menggerakkan masyarakat untuk membawa anak-anak mereka ke pos pelayanan imunisasi.

Baca juga: Kadisarpustaka Kapuas: Perpustakaan keliling beri anak akses bacaan berkualitas
 
Untuk itu dia meminta pemerintah desa memastikan informasi mengenai jadwal dan lokasi imunisasi tersebar dengan baik, sehingga tidak ada anak yang terlewatkan.
 
Selain itu, Budi juga menekankan pentingnya peran para kader posyandu dan tenaga kesehatan di desa dalam mendukung kegiatan imunisasi.

Keterlibatan mereka diharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya imunisasi polio dan memastikan kelancaran pelaksanaan kegiatan di lapangan.
 
"Dengan kerja sama yang baik antara pemerintah desa, tenaga kesehatan, dan masyarakat, kita dapat memastikan setiap anak di Kapuas terlindungi dari polio. Mari kita bersama-sama sukseskan pekan imunisasi nasional Polio ini demi masa depan anak-anak kita," demikian Budi Kurniawan.

Baca juga: Capaian PIN Polio putaran pertama di Kapuas capai 37.674 anak

Baca juga: DPMD Kapuas ingatkan penyusunan RKPDes harus sesuai aturan

Baca juga: Camat dan kades di Kapuas diminta sosialisasikan sasaran UHC

Pewarta : All Ikhwan
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024